Press "Enter" to skip to content

Yura: Langkah Perdana Solois Muda nan Berbahaya

Siapa dari kalian yang sering nonton Sarasvati manggung? Kalau sering, sosok satu ini mestinya tidak asing lagi. Biasanya ketika lagu Bilur dilantunkan live, Risa Saraswati akan mempersilakan seorang anggota band-nya untuk menjadi Sinden dadakan di lagu tersebut. Walaupun bukan sinden asli, sosok ini berhasil melahap part tersebut dengan lihai, yang berujung tepuk tangan dari audiens. Bagi yang belum ngeuh siapa sosok Sinden dadakan itu, kami perkenalkan kepada kalian: Yura.

Yura memang sempat aktif bersama Sarasvati dari medio 2010 hingga penghujung 2013. Namun, aktivitas bermusiknya tak hanya terpaku di sana. Selain nge-band dengan teman-temannya, ia juga pernah membantu pengerjaan album perdana Tulus. Namun tak disangka tak dinyana, dari sekian kegiatan bermusik yang ia tekuni, ternyata ajang pencarian bakat menjadi momentumnya sebagai penyanyi dan solois.

“Aku sebenernya nggak terlalu tertarik sama ajang pencarian bakat”. Karena sejujurnya, memang bukan kompetisi yang ia cari dalam ajang tersebut. Satu-satunya motivasi Yura mengikuti event ini hanya demi bertatap muka dengan idolanya sedari kecil, Glenn Fredly.

Belum sempat melangkah jauh, Yura malah terlempar dari ajang tersebut. Namun takdir berkata lain, karena di perjalanan pulang ke Bandung (setelah tereliminasi), sang idola menawarkan sebuah kesempatan yang tidak akan ia lupakan.

“Lewat Whatsapp, Glenn sendiri yang bilang kayak gini, ‘kalau bersedia, saya (Glenn) mau produseri kamu untuk pembuatan album solo’,” kisah perempuan bernama asli Yunita Rachman ini.

Akhirnya, bersama Glenn (Executive Producer) dan Ari ‘Aru’ Renaldi (Producer), Yura berhasil menyelesaikan album pertamanya di Studio Aru, Bandung. Baik Glenn dan Ari tak pernah menentukan atau memaku Yura dalam proses aransemen lagu, maupun lirik. Karena itulah, baginya album ini merupakan hasil kebebasan berkreasi seorang “Yura”, tak hanya sebagai penyanyi tapi juga musisi seutuhnya.

“Aku nggak mau berpuas diri karena udah rilis album, soalnya masih banyak mimpi yang pengen aku kejar. Tapi saat ini, yang penting semua orang bisa tau siapa itu Yura”.

Sesungguhnya tak berlebihan jika semua orang memang harus tahu siapa dia, siapa Yura. Tak hanya di Indonesia, tapi hingga mancanegara. Karena seorang Glenn Fredly tentunya tidak asal-asalan ketika memilih Yura. Dan, Yura sendiri telah membuktikan kualitasnya di album perdana. Maka, waspadalah!

3 Comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.