Press "Enter" to skip to content

“Yume No Machine”, Kreasi dari Pasangan Artsy

Siang-siang udah pulang kuliah mah enaknya dilanjutin jalan-jalan, tapi sayang kalau cuma jalan-jalan tanpa arah dan tujuan, mending produktif biar terlihat iya. Mumpung aku dikasih tau, katanya ada pameran #RobotMenikah, jadi penasaran deh, kayak apa robot menikah teh, mending langsung kesana aja.

Pameran yang dikasih nama Yume No Machine ini ternyata artinya mesin mimpi, dimana sang kreator yaitu Attina Nuraini dan Evan Driyana mencoba, membaca ulang kembali perjalanan mereka selama 15 tahun bersama. Bermula dari pertemuan di bangku sekolah menengah atas (SMA 12 Bandung) dan masih berjalan sampai hari ini. Alhamdulillah, awet.

Nah, kenapa pakai hastag #RobotMenikah? soalnya mereka adalah teman-sahabat-rekan kerja-pasangan yang memutuskan untuk hidup, dan membangun rumah tangga bersama pada 15 Januari 2016. Ah si aa sama teteh teh bikin sirik!

Bertempat di S.14, Jalan Sosiologi no. 14 Komp. Perum UNPAD Cigadung. Dibuka untuk umum, lho, warga kreatif! Pamerannya digelar pada tanggal, 16 Februari 2016, dan berlangsung sampai 16 Maret 2016. Nggak cuma pameran, ada juga Artist Talk di hari Sabtu, (20/2) kemarin, tujuannya teh biar mengenal lebih dekat proses kekaryaan seniman.

Serba robot-tobotan.
Serba robot-tobotan.

Dalam pameran tersebut kita bakalan lihat barang-barang artsy kreasi Attina dan Evan dalam bentuk Robot Loro Blonyo, foto prewedding, mahar, video dan lainnya. Mereka teh sukses pisan bikin aku sirik, soalnya foto prewed ala-ala robot yang unik ditambah cincin kawin dan mahar mereka yang artsy. Ngena banget di hati. anti mainstream aja gitu pernikahannya. *ngayal*

Makanya, nggak cuma ruang pameran S.14 aja yang dipakai, tapi ruang perpustakaannya dan bangunan terbengkalai yang terletak di sebrang lokasi digunakan secara ciamik. Di tempat terbengkalai itu, ada dua robot besar nan tinggi yang menggambarkan mereka sedang menikah. Jadi ya, robot cewenya yang berwarna pink itu pegang bouquet bunga gitu dan robot cowonya yang berwarna abu-abu, nampak serasi sama si robot pink. Cocok banget lah, dipakai buat instagram spot. Robot aja udah nikah, kamu kapan? Iya kamu.

Ultraman sama Sailor Moon nikah anaknya gimana, ya?
Ultraman sama Sailor Moon nikah anaknya gimana, ya?

Ada juga tambahan lainnya, tambahan detail kecil dari rumah/studio seperti mainan masa kecil, objek temuan (found object), sampai alunan nada (sound), Attina dan Evan menampilkan itu semua menjadi satu kesatuan instalasi dengan warna-warna ceria. Wuidih, mantaps!

Pameran ini, akan ditutup pada Sabtu, (5/3) mendatang dengan pelatihan workshop The Art of Recycle yang dipandu langsung oleh Evan dan Attina yang akan berbagi teknik, ide berkarya dalam memanfaatkan barang-barang bekas, dan sampah. Wah wajib dateng, neh.

Foto oleh : Raka Ubaidillah F

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *