Press "Enter" to skip to content

Vinca Callista dan “Seruak”-nya

Minggu 16 Maret 2014, Vinca Callista menggelar launching novel “SERUAK”, sebuah novel ber-genre thriller, yang jadi novel ke-5 cewek berambut pondok ini. Bagi muda-mudi Bandung yang rajin ke perpustakaan sekolah tapi malas ke toko buku, tentu bakal sedikit heran. Siapa, sih, dia? Jeger daerah sini? Aku juga belum kenal, sih. Kemaren mau kenalan, tapi malu.

Usut punya usut, kalau kamu pendengar setia 99ers dari zaman Akay, harusnya nggak asing sama penyiar yang punya nama asli Vinca Rosellinia Natasha ini. Lahir di Bandung, 30 April 1989, seperti yang ditulis di bio twitternya, @VincaCallista, dia juga adalah penulis buku, film, komik, video musik dan living. Malah, belakangan Seus Vinca juga merambah ke dunia tarik suara, nih, bareng Glory of Love. Anaknya serba bisa banget, ya? Josssss…

Jadi, apa, sih, “SERUAK”? Bagi kalian yang datang ke launching-nya, selamat, kalian beruntung karena Vinca mengadakan talkshow seputar “SERUAK”, dipandu oleh Rizal Adhitya. Silakan simak rangkuman singkatnya, shay!

Apa itu SERUAK?

“Seruak” itu sebenarnya kata dasar dari menyeruak, menyibak sesuatu, bisa orang bisa pepohonan. Pokoknya yang muncul lah. Diambil judul ini karena cerita di novel ini dari rangkaian misteri, akhirnya menjadi satu kesatuan yang menyeruak.

Kenapa, sih, harus thriller? Proses kreatifnya gimana?

Pendewasaan karakter mungkin, yah. Sebenarnya dari tahun 2005 udah bikin novel misteri pertama, cuma ditolak semua penerbit yang dimasukin. Judul bukunya Dreamer. Akhirnya bertekad remake, rombak total. Naskah jaman dulu di remake, tapi inti cerita udah ada. Prosesnya selama satu tahun, banyak yang ditambahkan.

Jadi prosesnya, tahun 2012 baca ulang niat mau nge-remake, belum ditulis. Lalu ada KKN (Kuliah Kerja Nyata, RED) ke desa, waktu itu belum nemu setting lokasi yang tepat. Akhirnya sampai di desa ketemu deskripsi-deskripsinya.

Inti dari novel SERUAK itu sendiri?

Sebenarnya pengen mengangkat hubungan antar manusia, relasi sebab-akibat, latar belakang pendidikan yang berpengaruh, yang membentuk kepribadian seseorang. Lebih menonjolkan memanusiakan manusia.

Apa, sih, yang paling ditonjolkan dari cerita itu?

Ada misteri yang terselubung, yang akhirnya menyeruak. Juga pendalaman karakternya, yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Harapan dari SERUAK, apa yang ingin disampaikan?

Silakan baca dan quote-lah sendiri. Pengen kasih tau apa yang dipikiran, karena setiap orang punya cara sendiri-sendiri untuk berkomentar. Dan cara saya menyampaikannya lewat menulis.

Ke depannya setelah SERUAK ini ada, apa lagi yang ingin dikejar?

Kalau yang ke-6 lagi proses, tapi lebih ke menggapai cita-cita. Yang ke-7 masih mau nulis thriller, sih. Karena novel fantasi di pasaran Indonesia kurang.

Jadi penasaran sama novelnya? Bagus, dong. Kabarnya tahun ini Vinca mau mengeluarkan komik. Tapi sebelum komiknya rilis, ada baiknya kalian lari ke toko buku terdekat sekarang, dan beli novel SERUAK. Biar kalian nggak keseringan baca berita Farhat Abbas yang mau menikahi Regina. Pokoknya sukses deh ya, Seus Vinca!

 

Foto : Sasti Rahmilia Yusuf

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *