Press "Enter" to skip to content

Tulus Melangkah Lebih Jauh ke Jepang dengan “Kutsu”

Siapa yang nggak kenal Tulus, cik? Itu ih, temennya Ikhlas sama Ridho tea. Garing ah, teu rame. Jangan langsung di-close atuh, serius da abis ini mah. TULUS, penyanyi bersuara ‘gurih’ asal Bandung yang melejit namanya setelah lagu Sewindu booming dimana-mana beberapa tahun silam dan akhir-akhir ini rajin nongol di acara-acara dan TV Nasional, semakin melebarkan langkahnya jauh ke negeri Jepang.

Setelah mengeluarkan 2 album bertajuk Self Titled dan Gajah secara independen dalam naungan label sendiri yang dinamakan TULUS Co., kali ini mereka mengambil langkah berani. Sabtu lalu (10/10), TULUS resmi merilis salah satu lagu di album Gajah, yaitu Sepatu, yang dinyanyikan dalam lirik berbahasa Jepang, dengan judul Kutsu, yang artinya mah sepatu juga. Masa jol jadi bakiak atuh. Narasi simpel dan unik dalam lirik Sepatu ini dialih-bahasakan oleh penerjemah professional sekaligus seniman yang tinggal di Indonesia, Hiroaki Kato. Papanya Yuki Kato bukan, ya?

Potensi pasar, keterikatan sejarah, serta keterbukaan bangsa Jepang terhadap produk seni modern, khususnya pada sesama bangsa Asia, dijadikan alasan utama pemilihan Jepang sebagai gerbang awal untuk TULUS memperkenalkan karya kreatif perdananya, Kutsu. Dampak positif yang diharapkan dengan diambilnya langkah besar ini, semoga talenta-talenta Indonesia lain bisa mengikuti jejaknya yang kecil namun wanieun ini.

Sip, kang TULUS, semoga nanti bukan cuma Kutsu aja, yah, mungkin nanti mah ada Shoes, Scarpe, Chaussures, Xié, dan yang lainnya, lah. Yes! Amin. Wah jago bahasa asing, yah, aku ternyata. Iya, emang itu asal translate dari Google Translate da.

                                                                        

Twitter: @tulusm

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *