Press "Enter" to skip to content

Tujuh Belas Komunitas Fotografi Kampus Pamer Karya di IDIOLECT

Udah nggak asing sama pameran fotografi, kan? Tapi yang ini beda. Acreators Bandung dan Fokus (UKM fotografi di Fikom Unpad, RED) menghadirkan 17 komunitas fotografi di Bandung, lho! Selain Fokus, ada juga  Spektrum, Parasastra, Sashin, Derblitz, Performa, Bidik, Lisma, Jepret, Lensakampus, Potret, Photoism, KMTF, Cekas, Capture, LFM, HMFF, Photo_Speak, dan Fodji. Ih, banyak.

Semua komunitas itu memamerkan karya-karya fotografi yang ciamiks di pameran Idiolect, yang digelar di Galeri Hidayat, 27-29 November kemarin. Dari mulai foto landscape, human interest, produk, model sampai stage photo. Variatif banget. Bangga banget Bandung punya komunitas-komunitas fotografi yang keren.

Aku, sih, sampai dibikin tercengang kagum sama foto-fotonya. Nggak percaya? Datang aja sendiri. Eh, acaranya udah lewat, deng. Hehe. Nggak heran, sih, kalau foto-foto yang dipamerin bagus-bagus. Kuratornya bukan orang sembarangan. Ada Sandi Jaya Saputra, yang akrab disapa Sandi Usenk, dari Fokus yang milih foto-foto terbaik. Ena’.

Apresiasi pengunjung
Tuh, liat. Pengunjung lain juga tercengang!

Naah, para exhibitor dari berbagai komunitas itu nggak cuma sekadar pamer. Ada artist talk-nya juga! Iya, aku dan pengunjung lain bebas untuk bertanya, menanggapi karya-karya yang dipamerkan. Aku juga dapet elmu dari mereka yang menjelaskan latar belakang bagaimana foto itu diambil, cerita di balik foto, semua deh.

Nggak hanya ada photography exhibition aja. Yang datang ke sana nggak pada nyesel karena ada juga workshop dan diskusi fotografi. Di hari pertama juga ada penampilan manis dari Deugalih dan Teman Sebangku. Gimana nggak seneng dikasih musik pengantar di kala menikmati pameran.

Di Idiolect kemarin, ada workshop dari Muhammad Asranur yang ngasih pengetahuan soal stage photography. Salah satu punggawa Pandai Besi ini berbagi pengalamannya jadi fotografer di majalah Spin, Rolling Stone, Nylon den media online Deathrockstar. Beruntung banget aku datang.

Teman Sebangku mengiringi pembukaan pameran
Band adem, Teman Sebangku membuka pameran.

Di hari terakhir, ada Kang Galih Sedayu yang jadi pembicara. Tau, dong? Sebagay-nya Bandung, neh. Dari Kang Galih, aku dapet elmu-elmu fotografi secara luas, terutama foto-foto human interest. Terima kasih, Kang! Pameran yang ngasih banyak banget pengetahuan tentang fotografi, lengkap dengan komunitas fotografi kampus yang ikut serta, bikin aku pengen belajar lagi fotografi. Terima kasih, Idiolect!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *