Press "Enter" to skip to content

“Totem of the Earth Crust”, Pameran Seni dari Hasil Tambang

Bumi lagi dalam keadaan kritis. Mulai dari global warming hingga manusia berpikir untuk pindah ke Mars. Pindah ke planet lain, sih, sebenernya biar dibilang hipster aja. Lagian kalau udah tau begitu, kenapa nggak direvitalisasi aja? Kayak film Wall-E. Tapi, ternyata banyak material di bumi yang bisa digunakan untuk tujuan apapun, sekalipun karya seni.

Wibi Triadi, seorang seniman yang besar di lingkungan pertambangan di daerah Bangka menggelar pameran berjudul Totem of the Earth Crust mulai dari hari Minggu (17/10) hingga Sabtu (24/10), bertempat di IFI Bandung. Apa nyambungnya sama paragraf pertama? Kalem.

Proyek pameran Wibi Triadi ini udah mulai digagas dari 3 tahun yang lalu yang berangkat dari pengalaman di mana do’i bertumbuh kembang. Bermaterialkan bunga Kamboja, kawat baja, seng, melamin, monil, cat besi dan akrilik untuk menyusun 3 karya dalam instalasinya yang merepresentasikan unsur-unsur yang ada di lingkungan pertambangan. Dari bahan mentah hingga bahan jadi, yang diinformasikan melalui siaran pers.

Bagi Wibi, Totem of the Earth Crust dapat dimaknai sebagai sebuah monumen tentang upaya masyarakat di area pertambangan dalam mengakumulasi kekayaan dan status sosial melalui aktivitas pertambangan. God save the working class!

Buat kalian yang mau dateng ke Totem of the Earth Crust, pembukaannya bakal diadain di hari Minggu sebagaimana informasi yang tertera di atas, pada jam 3 sore. Mampir-mampir lah. Biar pada tau Beyblade itu terbuat dari apa.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *