Press "Enter" to skip to content

“Toko You”, Tempat Reuninya Ayah-Ibu Kamu

Reuni itu hal yang asik ya, bisa flashback, cerita-cerita jaman baheula, ketemu mantan juga, pret. Kalian suka dengerin orang tua kalo cerita jaman mereka sekolah atau kuliah dulu nggak sih? Aku mah sering sambil disuruh mijitin soalnya abisnya suka dikasih uang jajan, kan enak. Nah, makanya sekarang aku ulin ke tempat mahasiswa/mahasiswi Bandung jaman baheula suka pada reuni.

Tempat yang ada di Jalan Hasanudin ini udah terkenal pisan, namanya Toko You, pas kesana nggak ada plang di depannya, tapi kalo yang baru kesana tanyain aja pasti pada tau kok. Pas kesana aku ketemu sama Pak Boy alias operasionalnya Toko You, dia nyeritain nih, kalo Toko You ini berdiri sejak tahun 1947 yang sekarang udah dipegang sama generasi ke-2 nama pemiliknya Pak Sony, pemilik awalnya adalah ayahnya Pak Sony. Tadinya toko ini hanya menjual roti di etalase dan sampe sekarang etalasenya masih dipake di sana loh, mereka terus berkembang mencoba jualan nasi goreng, mie goreng sampai akhirnya mereka buka pabriknya sendiri, sampai sekarang masih buka tuh pabriknya, edyan.

Nah, pas tahun 1960-an, Toko You terus berkembang pesat sampe sekarang, kata Pak Boy nih, sekarang Toko You udah punya 300-an lebih menu. Ciri khas Toko You yang dipertahankan dari segi interior dan cita rasa makanan yang terus dijaga dan nggak diubah-ubah jadi kunci Toko You untuk tetap bertahan. Interiornya dari dulu nggak pernah direnovasi atau diubah-ubah tetep aja nuansa kayu dan dedaunan, bukan maen.

“Toko You ini kebanyakan pengunjungnya dari kalangan mahasiswa sekarang dan mahasiswa jaman baheula yang dulu kuliah sekitaran Jalan Hasanudin, kayak Unpad, Unpar, atau ITB, makanya gak heran banyak yang reuni dan nostalgia disini,” cerita Pak Boy yang waktu itu pake kaos item dengan muka merona dan diiringi angin sepoy-sepoy. Eh, maaf jadi gampang baper alias kebawa perasaan gini euy, hiks *kibas rambut*

Beres ngobrol sama Pak Boy, aku pesen Tamago Makki (Rp12 rb), Es Coklat Susu (Rp18 rb), dan Ice Cream Green Tea (Rp30 rb) yang toplesnya boleh dibawa pulang, maaf we da aku mah suka yang gratisan. Tapi sempet nyesel keburu wareug jadi nggak pesen rawon-nya yang kata Pak Boy mah andalan pisan. Tapi nggak apa-apa yah, bisa lain kali bareng kamu mungkin, eak.

Menu yang ditawarin teh meuni banyak pisan soalnya ada masakan Eropa, China dan tentunya Indonesia, tapi nih ya, kalo aku saranin mah mending kamu pesen rawon-nya soalnya rawon di Toko You beda dari yang lain. Selain itu, aku nyaranin mie yamin-nya, soalnya nih, mie nya diproduksi sendiri jadi terjamin. Nah, buat pecinta kopi wajib hukumnya ngopi disini, karena kopi disini teh menggunakan kopi Aroma dari Jalan Banceuy 51 Bandung  yang sudah tersohor tea, syedappp.

Selain makanan, di Toko You ini teh jual jamu, jajanan-jajanan jaman baheula, sama roti. Roti yang dijual juga masih sama kayak pas jaman dulu kayak Roti Sidodadi, Roti Baglen, dan lain-lain we lah banyak. Tempatnya teh meuni enak banget buat kongkow sambil ngobrol-ngobrol ngalor-kidul lama berjam-jam bareng temen, sahabat atau ayah-ibu kamu. Nuasanya yang serba kayu, dedaunan, dan interior yang klasik bakalan bikin kamu tambah betah. Sok atuh ya, dateng kesini bawa ibu-ayahnya biar bisa nostalgiaan, siapa tau kamu juga ketemu calon bernostalgiaan kelak, ena’

____________________________________

Toko You

Jalan Hasanudin No. 12, Lebak Gede, Coblong

Phone: (022) 2503332

Foto: gastronomy-aficionado.com

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *