Press "Enter" to skip to content

TMNT 2014: Buat Kamu Yang Suka Internetan dan Ingin Santai

Kota New York mulai diganggu oleh sekelompok penjahat yang menamakan diri mereka dengan Foot Clan. Seorang wartawati, April O’Neil (Megan Fox, yang aktingnya jelek banget), menyaksikan aksi kejahatan mereka. Namun, tiba-tiba Foot Clan diganggu oleh sesosok sesuatu. It’s a plane, it’s a bird, no, it’s uhm, they’re… Turtles? Iya, aksi mereka diganggu oleh segerombolan kura-kura bertubuh bongsor. Bongsor disini benar-benar bongsor, 2 meter lebih, mungkin sedikit lebih pendek dari Yao Ming. Para kura-kura bongsor ini menumpas anggota Foot Clan dengan gerakan secepat kilat ala ninja. Singkat cerita, April dan segerombolan (tepatnya 4 ekor atau orang, atau apalah kamu menyebutnya) kura-kura ini berkenalan. Mereka memperkenalkan dirinya sebagai Ninja, kura-kura, Mutan, dan anak muda.

Ternyata, pertemuan mereka adalah jalinan takdir yang tertunda, karena Leonardo, Raphael, Donatello dan Michaelangelo ternyata pernah bertemu dengan April di suatu tempat di masa lalu. Bersama Master Splinter, guru para kura-kura, mereka berusaha melindungi April, karena April mengetahui rahasia tentang mutagen para kura-kura yang bisa membahayakan keselamatannya. Mutagen ini nantinya akan digunakan untuk menguntungkan diri sendiri oleh si kepala Foot Clan, Shredder.
Banyak yang kecewa dengan banyaknya hal yang berubah dari keorisinilan cerita dalam film ini, namun zaman juga sudah berubah. Apa salahnya, sih, kalau mitos-mitos dalam suatu serial ikut berubah?

Sebenarnya, ketika menonton film ini, saya sendiri merasa bahwa alurnya akan sangat mudah ditebak. Dimulai dengan siapa penjahatnya, lalu siapa penjahat sesungguhnya, lalu apa motifnya, mudah sekali. Karena sudah diberikan clue-clue, yang merupakan khas film-film konspirasi ala Amerika. Namun, dengan plot yang sangat sederhana (dan akting Megan Fox yang dibawah semenjana), film ini ternyata mampu mengocok perut saya.

Diawali dengan salah satu adegan dimana Raphael ‘menyapa’ April dengan suara seraknya, lalu dikomentari oleh Michelangelo bahwa Raphael sedang mencoba suara Batman-nya. Mungkin kamu yang baca review ini, dan rajin main internet bakal ingat, dulu pernah ada video spoof tentang Batman yang menginterogasi Joker, dengan suara seraknya. Namun si Joker tidak mengerti apa yang Batman katakan karena hanya terdengar “ABUARBUABRAUBRAUBARUBAR”. Ya, film ini diwarnai dengan fenomena budaya baru yang sekarang sedang ngetren: Internet Meme. Saya jarang menonton film di bioskop dengan referensi internet meme seperti ini.

Adegan lainnya adalah ketika Michelangelo berteriak-teriak kegirangan saat melihat kucing bermain piano. Ini mengacu kepada meme Cat Video yang sangat populer di internet. Kalau kamu suka membuka imgur.com, atau reddit.com, atau mungkin 9gag.com yang paling populer, kamu akan sadar bagaimana orang-orang tergila-gila dengan video yang menampilkan kucing sebagai tokoh utamanya. Referensi lainnya, ketika para kura-kura nyaris tewas di akhir film, masing-masing mengakui kesalahan yang mereka pernah lakukan, dan Michelangelo mengaku bahwa ia tidak mengerti akhir dari serial Lost, yang memang sangat membingungkan, dan masih sering menjadi bahasan di website-website yang sudah disebutkan tadi.

Film ini cocok ditonton oleh kamu-kamu yang ingin santai menonton film sambil menikmati berondong jagung tanpa harus berpikir betapa njelimetnya dunia ini. Kamu tinggal duduk, makan berondong jagung bersama orang terkasih, dan menikmati seksinya Megan Fox (dan sekali lagi, aktingnya sangat buruk), juga kekonyolan para kura-kura ketika mereka beraksi. Juga kamu bisa melihat kerennya baju armor Shredder yang sudah berevolusi menjadi sesuatu yang sangat modern.

Oh iya, seperti biasa, Michael Bay berarti ledakan. Dan, ya, film ini dipenuhi dengan aksi-aksi slow motion penuh ledakan. Memang agak membosankan melihat efek ini, apalagi setelah menonton Transformers. Namun, kembali, candaan-candaan segar dari para kura-kura, mampu mengatrol nilai film ini dari 4.0 menjadi 7.0 dalam skala nilai.

 

Judul : Teenage Mutant Ninja Turtles (2014)

Sutradara : Jonathan Liebesman

Penulis Cerita : Josh Appelbaum, André Nemec

Durasi : 101 menit

Genre : Action, Adventure, Comedy

Pemeran : Megan Fox, Will Arnett, William Fichtner

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *