Press "Enter" to skip to content

Sambil Menyelam Minum Air di “Think Feel Do”

Memahami peribahasa “sambil menyelam minum air”, mestinya bukan hal asing karena istilah ini sering banget kamu temukan di sampul buku coklat jaman SD, bukan? Peribahasa ini cocok ditujukan buat orang-orang multitasking yang demen ngelakuin beberapa pekerjaan diwaktu yang bersamaan. Hari Selasa (2/6) kemarin, saya jalan-jalan ke GIM (Gedung Indonesia Menggugat) demi memenuhi rasa keingintahuan saya, karena katanya di sana sedang diadakan pameran mahasiswa desain yang bertema kelautan. Apa? Kelautan? Yang bener? Kok nggak catchy gitu, sih?

Sst, sebelum pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab, merasa familiar dengan lirik lagu “nenek moyangku seorang pelaut, gemar mengarung luas samudra”? Jadi, menonton pameran Think Feel Do: Maritim dari mentemen mahasiswa DKV Itenas kemarin adalah pembuktian bahwa dunia kelautan Indonesia masih seksi buat diselami! Dunia maritim bukan hanya kepunyaan engkong dan buyut kita aja, karena di pameran ini mereka nunjukin bahwa lewat desain mereka bisa berkontribusi buat dunia maritim Indonesia. Bisa dibilang, ini adalah perwujudan dari peribahasa “sambil menyelam minum air” tadi.

Think Feel Do ini adalah sebuah pameran dari dede-dede tahun ketiga di DKV Itenas yang mengambil mata kuliah Proyek DKV. Jadi, mata kuliah Proyek DKV ini adalah semacam simulasi Tugas Akhir, tapi dikerjainnya bareng-bareng alias sekelompok. Jadi, kebayang dong, setahun sebelum tugas akhir, mereka mesti “pura-pura” ngejalanin tugas akhir, punya topik masalah yang enaknya, nih, pemecahannya digarap bareng-bareng lewat solusi DKV. Sejak satu tahun lalu tepatnya Juni 2014, gelaran pameran mata kuliah Proyek DKV Itenas mulai mengusung tajuk Think Feel Do. Think-Feel-Do sendiri, sebenernya adalah efek yang mereka harapkan ketika kalian melihat karya-karya mereka ini. Dari mikir “ah masak sih”, kemudian ngerasa “oh iya ya, ini bener juga”, kemudian melakukan! Yah, prinsip ini diharapkan bisa kalian terapkan ketika menembak gebetan. Nggak, deng.

Cuco dibawa buat berlibur menjelajah dunia laut Indonesia yang belum kamu tahu!
Cuco dibawa buat berlibur menjelajah dunia laut Indonesia yang belum kamu tahu!

Nah, khusus Think Feel Do tahun ini, temanya, seperti yang udah dibahas di atas adalah maritim. Jadi mereka mengorek, eh, menyelami masalah-masalah kelautan di Indonesia, dan menyelesaikannya lewat solusi DKV. Contohnya nih, di pameran ini ada salah satu kelompok yang bikin ensiklopedia supaya kalian semua tahu bahwa di Indonesia ini, ternyata banyak banget kawasan konservasi biota laut! Dan jangan kebayang kalo ensiklopedainya bakal membosankan, karena ensiklopedia yang mereka bikin ini tampilannya Instagrammable dan #livefolk banget, terus bisa difoto ala-ala.

Kalau ngomongin laut, tentunya nggak boleh lupa sama mereka yang berperan sebagai garda terdepan dalam menjaga kekuatan laut di Indonesia, yaitu TNI Angkatan Laut. Karena di pameran ini ada salah satu kelompok yang nge-branding TNI AL lewat kampanye digital. Mereka bikin kita lupa sama layout website pemerintahan yang biasanya suka membosankan itu dan bahkan bikin stiker LINE lucu yang bisa kita download!

Selain itu, yang nggak boleh kita lupain dari laut adalah hasil laut! Yak, ada juga satu kelompok yang pengen membudidayakan makan ikan sebagai gaya hidup! Targetnya sih, buat mahmud alias mamah muda yang pengen diet gitu. Lupain OCD buat sementara deh hahaha.

Kalo ibu-ibu liat ada beginian di supermarket jangan kaget
Kalo ibu-ibu liat ada beginian di supermarket jangan kaget

Huh, jadi baper deh datang ke sini. Soalnya masih simulasi aja udah sangat keren. Jadi pengen dijadiin kenyataan aja deh hehe. Rangkaian gelaran Think Feel Do: Maritim ini bukan cuma pameran aja. Selain pameran yang diadain sampai Kamis (4/6), dihari Rabu (3/6) ada talkshow seru dari para eksibitor dan dosen, APMI (Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia), dan Komunitas Gerbang. Dan dihari terakhir (4/6) juga ada penampilan dari band-band kojo kesayangan anak Itenas seperti Mustache&Beard dan The Fox & The Thieves. Sayang banget buat yang kelewatan dan nggak mampir. Akhir kata, selamat buat adik-adik yang menggelar pameran ini. Terima kasih udah membukakan mata kita atas anugerah alam luar biasa di laut Indonesia dengan solusi desainnya yang spektakyuler!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *