Press "Enter" to skip to content

The Philosophers, Gebrakan Sci-Fi Sinema Indonesia

Inilah salah satu film hasil kerja sama Surya Citra Televisi (SCTV) dengan rumah produksi asal Amerika,  An Olive Branch. Sebetulnya film ini diproduksi 2013 kemarin, dan kalo kamu nyari di IMDB dengan keyword The Philosophers kamu engga bakal nemu film ini. Soalnya di sana, film ini ditulis dengan judul After The Dark.

Lupain dulu image SCTV dengan FTV-nya. Kehadiran John Huddles sebagai sutradara di film ini membuat ceritanya tidak mudah ditebak. Seperti yang kita liat dari namanya, John Huddles ini orang bule, walaupun saya sendiri juga engga tau karyanya apa aja, hehehe. Ya setidaknya film ini mungkin mau ngikutin jejak The Raid yang lebih dulu terkenal karena pake sutradara bule. Selain itu juga pemain-pemainnya hampir bule semua, dan hadirnya Cinta Laura (hemm) sebagai aktris pendukung menambah nilai jual film ini di Indonesia.

Dari segi cerita, saya pribadi suka sama pembukaan dan pembangunan konfliknya, apalagi film ini bisa dibilang film bergenre sci-fi pertama yang dibikin di Indonesia. The Philosophers juga engga banyak-banyak masukin karakter, cuma satu guru dan dua puluh siswa. Cerita dimulai waktu si guru ngasih tugas akhir ke murid-muridnya buat ngebayangin kalo misalnya dunia mau kiamat gara-gara perang nuklir. Terus masing-masing dari mereka dikasih peran biar bisa ditentuin siapa yang boleh masuk bunker dan siapa yang harus diem di luar, terima nasib kena nuklir.

Kalo dari kisi-kisi ceritanya, film ini emang udah bisa bikin penasaran pengen nonton. Cuma memang, buat bikin film kaya gini titik paling susahnya pasti pas ending, soalnya emosi penonton yang sudah hampir klimaks – waktu terjadi konflik – bakal ngasih kesan jelek kalo ending-nya kurang hacep.

Jadi, kamu engga bakal ngerasa rugi-rugi banget lah nonton The Philosophers di bioskop. Itung-itung mendukung produksi dalam negeri… Dan mendukung Cinta Laura go-international, hemmmmmm.

 

Judul : The Philosophers (After The Dark)

Sutradara : John Huddles

Durasi : 107 mins

Genre : Drama,  Sci-fi, Fantasy

Pemeran : James D’Arcy, Sophie Lowe, Daryl Sabara,……. Cinca Lawra~

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *