Press "Enter" to skip to content

The Maze Runner: Lari-Lari dari Kenyataan

Bayangin yah, kamu tiba-tiba bangun dan keluar dari lift bawah tanah, dikelilingin orang enggak dikenal di suatu hutan yang dikelilingin tembok raksasa dan kamu lupa ingatan! Gitulah kira-kira yang Thomas (Dylan O’Brien) rasain saat bangun di tempat antah berantah yang disebut Glade. Thomas kemudian berteman dengan Gladers (penduduk Glade) dan mulai penasaran dengan tembok raksasa yang mengelilingi Glade.

Gladers yang terbagi menjadi 4 kasta menjadi Builders, Runners, Doctors dan Keepers ini memang sudah 3 tahun mencari misteri tentang tembok raksasa ini, yang ternyata adalah sebuah labirin raksasa. Seperti halnya Thomas, Gladers juga terjebak tanpa ingatan sedikitpun ditempat itu, satu-satunya yang mereka percaya adalah labirin raksasa itu merupakan jalan keluar mereka dari Glade.

Hari-hari yang damai berubah semenjak kedatangan Thomas. Tidak seperti Gladers lainnya, Thomas datang dengan penuh rasa ingin tahu dan dia selalu dihantui mimpi yang dia yakini adalah jawaban dari semua misteri. Semuanya berubah (ketika negara api menyerang? bukaaaan), ketika seorang gadis bernama Teresa (Kaya Scodelario) dikirim dari lift bawah tanah disertai dengan sepucuk kertas bertuliskan “She is the last one, EVER” (doi yang terakhir di hidup gue, cieee). Akhirnya Thomas dipilih sebagai runners berpartner dengan Minho (Ki Hong Lee) untuk memimpin Gladers keluar dari labirin mematikan itu.

Film yang ternyata enggak lari-lari banget (lah judulnya aja gitu, hehe) ini awalnya saya pikir cuma film remaja lainnya yang cerita tentang seorang juru selamat yang tidak memedulikan tatanan sosial (social class) dan berhasil menyelamatkan semua orang. Well, basically it’s true, tapi sepanjang film saya berusaha menebak plot cerita dan twist dari film yang enggak tau mau dibawa kemana.

Ternyata film ini adalah film pertama dari trilogi yang diangkat dari novel karangan James Dashner dengan judul yang sama. Secara garis besar, trilogi dengan sub-genre post-apocalypse ini mengisahkan tentang sekelompok anak muda hasil eksperimen genetis yang diharapkan menjadi ras baru manusia yang lebih unggul. Film ini akan dilanjutkan dengan The Scorch Trials sebagai sekuelnya dan The Death Cure sebagai penutup triloginya. Saya rasa jika digarap dengan serius, trilogi ini (kemungkinan besar) akan mengikuti kesuksesan trilogi The Hunger Games. The Maze Runner, another Dystopia story with good plot twist is worth 7/10.

 

Sutradara : Wes Ball
Penulis Naskah : Noah Oppenheim
Durasi : 113 menit
Genre : Action, Sci-fi, Thriller
Pemeran : Dylan O’Brien, Ki Hong Lee, Kaya Scodelario

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *