Press "Enter" to skip to content

The Imitation Game (2014): Sains, Mata-mata dan Drama

Udah pernah saya bilang, cerita perang dunia ke-2 itu nggak akan ada matinye. Setelah kemarin ada pasukan tank, sekarang ceritanya based on true story. Alan turning (Benedict Cumberbatch), adalah seorang mathematician dan seorang cryptanalyst brilliant dari Cambridge. Alan menawarkan dirinya bergabung ke dalam proyek MI6 untuk memecahkan kode sandi komunikasi yang dipakai oleh Jerman. Kode sandi milik Jerman ini berasal dari sebuah mesin bernama Enigma. Semua rencana militer Jerman diproses oleh Enigma sebelum disebarkan kepada seluruh pasukan Nazi. Dengan kode yang dihasilkan Enigma, Jerman dengan leluasa menyerbu sekutu tanpa harus khawatir adanya kebocoran informasi.

Saat sekutu berlomba-lomba untuk mengalahkan Enigma, Inggris memerintahkan MI6 mengumpulkan mathematician, ilmuwan dan ahli bahasa terbaik britania untuk membentuk tim khusus yang dikenal dengan Bletchley Park. Alan yang akhirnya direkrut MI6 ke dalam proyek tersebut mendapat tekanan dari tim karena sifatnya yang arogan dan nggak bisa kerjasama dengan member lainnya. Dalam pembelaannya, Alan yakin semua usaha yang mereka lakukan akan sia-sia kecuali mereka mewalan api dengan api. Ya Alan mempunyai mimpi untuk membuat mesin yang lebih canggih dari Enigma.

Tantangan yang datang nggak cuma dari taruhan jutaan nyawa tentara di setiap detik yang terbuang untuk memecahkan kode Enigma. Mereka juga harus berlomba dengan kecepatan mesin Enigma mengulang caranya mengolah kode setiap 18 jam sekali. Artinya, Alan hanya mempunyai 18 jam untuk memecahkan kode Enigma sebelum mesin itu membuat kode yang baru (hupir ya). Dengan tantangan yang lebih besar, Alan terpacu untuk membuat mesin yang lebih pintar dari Enigma. Betul, Alan akan membuat sebuah komputer pertama di dunia.

Tidak hanya berputar pada scientific issue, film dengan latar belakang perang dunia ke-2 ini tentunya dibumbui dengan cerita mata-mata yang khas. Alan harus mewaspadai mata-mata Rusia yang menjadi musuh dalam selimut, klasik. Tapi yang paling menarik dari film ini adalah perjuangan Alan menyembunyikan jati dirinya yang sebenarnya. Alan mempunyai masa kecil yang berbeda dengan anak kecil lainnya dan membuat Alan kecil tumbuh arogan dan menjadi gagap sosial dengan lingkungan sekitarnya. Kisah cintanya dengan Joan Clarke (Keira Knightley) menjadi drama yang menarik dengan plot twist yang sudah dibangun dari awal film.

Dengan kekuatan cerita seperti itu rasanya pantas kalau film ini mendapat banyak nominasi untuk Academy Awards tahun ini. The Imitation Game, film drama perang dunia ke-2 dengan cerita yang kuat dan para aktor yang mumpuni (hey ho Cumberbitches!) layak menjadi rekomendasi film keren versi ROI!

 

___________________________________________________________

Sutradara : Morten Tyldum

Penulis Naskah : Andrew Hodges, Graham Moore

Durasi : 114 Menit

Genre : Biography, Drama, Thriller

Actor : Benedict Cumberbatch, Keira Knightley, Matthew Goode

 

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *