Press "Enter" to skip to content

The Hobbit The Battle of the Five Armies (2014): Chapter Terakhir yang Biasa Aja

Bilbo Baggins dan kawanan Dwarf hadir kembali untuk menutup rangkaian film box office tahun ini. Kali ini mereka juga menutup chapter yang menjadi prolog saga Lord of The Rings (LOTR). Cerita kembali dimulai dengan amukan Smaug (Benedict Cumberbatch) yang membakar Lake Town karena diusik oleh Bilbo (Martin Freeman) dan kawanan Dwarf. Beruntung seorang warga Lake Town memberanikan diri, berjuang melindungi orang-orang dari amukan Smaug. Masalah dimulai ketika Smaug berhasil dijinakan oleh Bard (Luke Evans).

Gunung yang selama ini menjadi tempat tinggal sekaligus lumbung harta berubah menjadi sasaran empuk berbagai pihak sepeninggal sang naga. Merasa menjadi yang paling berhak, Thorin (Richard Armitage) mengingkari semua janji yang telah dia kepada semua pihak karena terbutakan oleh harta yang melimpah.

Seperti seri film LOTR terdahulu, film ini mempunyai durasi yang lumayan panjang. Selama 144 menit kita disuguhkan perang kolosal antara Dwarfs, Elves, Mankind, Orcs dan Hobbit yang berebut harta karun yang nggak terbatas. Keterlibatan CGI yang begitu massive dalam film ini mengurangi kenikmatan menonton film live action, rasanya lebih seperti film animasi. Tapi action dan cinematography sang empunya film, Peter Jackson, nggak perlu diragukan lagi.

Saya rasa bagi kalian yang nggak akrab dengan seri LOTR ada baiknya kalau kalian menonton film-film terdahulunya karena seri pamungkas ini nggak menyuguhkan waktu untuk background story  lagi. Yah, kalau nggak punya waktu banget minimal baca wikipedia atau tanya temen yang ngefans sama film ini. Tapi inget, ngobrolnya sebelum atau setelah film selesai, yah, karena sesungguhnya ada neraka khusus bagi mereka yang ngarumpi saat film berlangsung, cyin~

Umm, mungkin karena saya sudah sangat akrab dengan seri ini, entah kenapa chapter terakhir ini terasa begitu biasa aja banget gitu, lho. Satu-satunya yang menyenangkan dari film ini adalah perasaan seru menonton film colossal yang hanya kita temui pada film epik seperti LOTR. The Hobbit: The Battle of the Five Armies, el grande finale war with a lot emotional moment involved and ridiculous elvish skill by the one and only Legolas. Haha.

 

Sutradara : Peter Jackson

Penulis naskah : Fran Walsh, Philippa Boyens

Durasi : 144 menit

Genre : Adventure, Fantasy

Aktor : Ian McKellen, Martin Freeman, Lee Pace, Orlando Bloom, Evangeline Lilly, Cate Blanchett, Hugo Weaving

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *