Press "Enter" to skip to content

The Conjuring 2 (2016): Kisah Nyata Pasangan Warren

Indeks Prestasi Keren: 6/10

Udah bosen belum sama meme-meme hantu Valak yang jadi viral di Indonesia belakangan ini? Aku mah bosen da ih. Tapi, sebenernya pada tau nggak Valak itu muncul dari mana? Sebenernya dia siapa? Kalau ada yang belum tau, Valak itu nama tokoh hantu yang ada di film The Conjuring 2. Nah, pasti ada yang udah nonton kan The Conjuring (2013)? Masa nonton yang kedua tapi yang pertama belum.

Film pertama dan kedua ini disutradarain sama James Wan yang juga bikin Saw (2004) dan Insidious: Chapter 2 (2013). Ngeliat deretan film yang udah disutradarain, pasti udah yakin banget kalau film ini bakalan serem dan ngagetin parah. Ya, nggak, sih? Tapi meskipun serem juga, aku mah tetep kepo, lagian ceunah kalau nonton film horror teh bisa buang kalori… Ya siapa tau sekalian ngurusin badan kan.

Film dimulai dengan adegan Lorraine Warren (Vera Farmiga) dan Ed Warren (Patrick Wilson) yang mengunjungi rumah di Amityville. Yang suka film horror pasti tau juga kalau si rumah Amityville ini punya kisah sendiri. Jadi, dulu di rumah itu pernah ada kejadian pembantaian satu keluarga. Kemudian penghuni rumah barunya ngerasa diganggu sama makhluk astral dan akhirnya manggil pasangan Warren untuk ngusir si makhluk itu. Heeeuh, ya iya lah. Siapa suruh tinggal di rumah horror kayak gitu. Tiba-tiba Lorraine Warren dapat penglihatan yang buruk banget dan akhirnya kejadian itu bikin dia minta suaminya buat berhenti dulu jadi pemburu hantu. Kemudian mereka dapet panggilan untuk bantuin keluarga Hodgson, karena banyak  kejadian kejadian astral yang ada di rumah mereka bahkan sampai ngerasukin anak perempuan di keluarga Hodgson yaitu Janet Hodgson (Madison Wolfe). Meskipun sempet ragu, pasangan Warren akhirnya mutusin buat dateng ke rumah itu dan berusaha ngebuktiin kalau pengalaman astral di rumah keluarga Hodgson adalah asli. No tepu-tepu dan no gossip.

Film The Conjuring 2 termasuk film horror khas Hollywood banget, sih, kalau menurut aku, karena banyak suara berisik dan sedikit agak violent. Suasana di rumah juga jadi bikin orang-orang agak parno, termasuk aku yang nulis ini jam 12 malem. Hehe. Hal itu juga gara-gara James Wan yang memang jago banget buat bikin suasana jadi tegang dari musik latar, warna, dan framing kamera. Untuk ini, aku kasih nilai 8/10 buat suasana dan jumpscares-nya yang juara, tapi kalau buat cerita mah aku kasih 5/10 karena menurut aku ceritanya agak kurang jelas intinya gitu dan ada plot yang ngingetin aku sama film Exorcist (1973).

Oh iya, yang bikin franchise The Conjuring menarik, itu karena si ceritanya based on true story alias berdasarkan kisah nyata. Cobain weh googling nama Lorraine Warren dan Ed Warren, pasti keluar deh cerita-cerita tentang mereka, dan karena berdasarkan cerita asli, di akhir film juga ada footage aslinya, dari rekaman sampai foto-foto dari arsip pasangan Warren sendiri. Seru gitu. Nah, kalau warga kreatif, percaya nggak sama hal yang astral kayak gitu?

Comments are closed.