Press "Enter" to skip to content

“Tentang Mereka”, Kucing-Kucing “Kampung” yang Terpinggirkan

Suatu sore yang mendung di Jalan Sosiologi no.14, S.14 kembali menghadirkan pameran di galeri mungil mereka. Kali ini ada pameran tunggal dari fotografer berbakat Siti Desintha atau yang akrab dipanggil Tata. Sore itu ada diskusi karya berjudul Tentang Mereka yang mengisahkan tentang kucing-kucing “kampung” yang berkeliaran disekitar manusia. Mbak Tata ini doyan banget sama kucing dan bertanya-tanya kenapa, sih, kucing punya kasta? Kucing Persia, Kucing Angora, dan disini Kucing Kampung yang jadi bintang utama. Ah, pantesan iyeu loba ucing di galeri, rupanya sengaja Mbak Tata memilih S.14 sebagai tempat pameran, karena yang punyanya sama-sama suka kucing!

Mba Tata semangat menyuarakan hak kucing
Mbak Tata semangat menyuarakan hak kucing.

Dalam diskusi karya ini, Mbak Tata menjelaskan tentang “rasisme” antar kucing di mata manusia dan cerita perjuangan kehidupan kucing-kucing jalanan yang dikemas dengan gaya fotografi hitam putih, memberikan kesadaran pada manusia akan kehadiran binatang sering kali hanya dipandang sebagai mahluk sekunder. Padahal mah semua mahluk di mata Tuhan sama ya, ckckck. Eh, naha jadi tausyiah. Kerennya dari pameran fotografi ini adalah bagaimana Mbak Tata mengemas foto-fotonya, bukan hanya dari warna hitam-putih yang jadi suasana utama tapi juga cara mengambil foto kucing-kucing tersebut. Do’i menjadikan kucing bukan sebagai objek melainkan subjek yang menjadikan karakter foto “cat interests” ini sangat hidup.

Quotes ngena banget dari Mba Tata
Quotes ngena banget dari Mbak Tata.

Buat kalian yang penasaran sama karya dari Mbka Tata bisa langsung dateng aja ke S.14, pameran diselenggarakan dari tanggal 5—10 Oktober, hayu ah, caw keun!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *