Press "Enter" to skip to content

“Tame Impala Live in Jakarta”: Semua Terpuaskan!

Hari Jumat (29/4) yang lalu adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi seluruh insan penikmat musik psychedelic Indonesia. Kenapa? Karena di hari itu Indonesia, tepatnya Jakarta, kedatangan salah satu band psychedelic yang jadi idola banyak umat saat ini, Tame Impala! Bukan, bukan makanan yang suka ada di kang ayam pinggir jalan, tapi band kuintet asal Australia itu, lho.

Gembar-gembor datangnya Tame Impala pada saat awal isunya beredar sempat disangka hoax oleh sebagian kalangan, tapi begitu mereka mengunggah sebuah foto melalui akun medsos mereka, keraguan itu pun hilang seketika. Penjualan tiket dari konser Tame Impala ini dibuka pada bulan Februari kemarin, dan tiket early bird-nya ludes seketika. Emang terbaik antusiasme para calon penontonnya.

Singkat cerita, tibalah di saat hari-H konser tersebut diadakan. Karena satu dan lain hal, saya beserta rombongan dari Bandung yang terdiri dari teman-teman penyuka Tame Impala, dan juga beberapa teman-teman media terlambat datang ke venue. Alhasil kami semua melewatkan penampilan dari Barasuara, band yang jadi opener pada malam itu. Yah, nasib. Semoga bisa menyempatkan hadir di Taifun Tour 2016 chapter Bandung nanti.

Tiba sekitar jam 8 malam di Parkir Selatan Senayan, kami serombongan langsung bergegas masuk dan nyari tempat termantap buat nonton. Tujuan utamanya, sih, nonton dan nikmatin konsernya, tapi kan kalau bisa liat jelas Aa Kevin Parker dari dekat itu jadi kebanggaan buat pamer di Path. Hehe.

Lagu Walk On + Intro membuka penampilan Tame Impala pada malam itu. Lalu kemudian dilanjut oleh Let It Happen, salah satu single kojo di album terbaru mereka, Currents. Sejak intro lagu tersebut terdengar, koor massal penonton langsung terdengar, dan ledakan confetti pun semakin memeriahkan suasana. Saya jadi semakin excited, dan berekspektasi tinggi sama penampilan mereka selanjutnya.

Tame Impala menyusun setlist-nya sedemikian rupa sehingga lajunya konser nggak monoton. Lagu-lagu seperti Mind Mischief, Why Won’t They Talk To Me?, Elephant, Yes, I’m Changing, dan beberapa lagu lainnya sukses dibawakan secara sempurna. Selain itu, sound dan visual pada malam itu sangat layak mendapatkan pujian. Empat jempol lah dari saya.

Sound yang dikeluarkan mendekati sempurna, susah dibedain kalau kemarin itu lagi nonton live concert atau lagi denger Mp3. Bening pisan, lur! Aslina. Belum lagi visualnya yang trippy-trippy enak dan mengikuti ketukan di tiap lagunya. Beuh, bikin saya pengen belajar jadi VJ pokoknya mah. VJ Daniel. Hee~

Tame Impala (pura-pura) mengakhiri penampilannya dengan membawakan lagu Apocalypse Dreams dan langsung turun dari panggung. Tapi namanya band gede, yakali nggak akan encore. Teriakan “Wewawo! Wewawo!” dari penonton dijawab oleh naiknya kembali kelima Aa tampan dari Australia tersebut dan langsung membawakan Feels Like We Only Go Backwards. Kalau di lagu-lagu sebelumnya saya cuma nyanyi sepenggal lirik doang, di lagu ini mah saya nyanyi penuh dari awal sampai akhir. Sombong. Nggak saya doangan, sih, semua yang nonton juga pada nyanyi kok.

Pas lagunya beres, disangka konsernya udahan, eh ternyata masih ada satu lagu lagi yang bakal dibawain, yaitu New Person, Same Old Mistakes. Jarang-jarang ada band yang ngebawain lebih dari satu lagu pas encore.

We still have one more song to play for you guys. Last song of the tour, last song of the night. But the night is still young, right?” ujar Kevin Parker sebelum membawakan lagu pamungkasnya tersebut.

Meskipun minim interaksi, tapi Tame Impala tetap menyuguhkan yang termantap di konser yang juga merupakan penutup rangkaian Southeast Asia Tour mereka ini. Acara yang dihadiri oleh sekitar 5000 penonton ini juga merupakan acara yang pertama kali diadakan oleh kiosPLAY. Meskipun baru pertama kali, tapi kiosPLAY dan Tame Impala udah sukses bikin ribuan penonton senyum sumringah dan bisa bobo nyenyak pada malam itu. Salut.

Oh iya, di bulan Mei ini ada satu band lagi yang diboyong sama kiosPLAY buat main, lho. Siapa cik? Cari tau sendiri atuh, biar ada effort-nya. Hehe. Pokoknya mah terima kasih sekali lagi buat kiosPLAY, penampilan Tame Impala-nya katampi pisan.

Foto: dok. kiosPLAY

Comments are closed.