Press "Enter" to skip to content

“Street Stage 2016”: Street Art Nggak Selalu Harus di Jalanan

Kalau ngomongin street art pasti yang ditauin atau diinget ya antara graffiti atau mural yang sering kita temuin di jalan. Ya, saya juga gitu, kok, mikir dan taunya, tenang aja kita sama. Sama-sama manusia. Tapi ini beda, nggak di jalanan. Ya, ada, sih, yang di jalanannya juga. House The House baru aja menyelesaikan gelaran Street Stage 2016 yang udah berlangsung selama 8 hari. Kegiatan ini bisa dibilang sebagai pameran kolaborasi antara street artist dan juga para seniman visual lainnya.

Di hari Sabtu (14/3) yang lalu, saya dengan kesibukan di hari yang sama menyempatkan diri buat dateng ke acaranya. Secara, saya dibikin iri sama posting-an di Instagram orang-orang yang udah dateng ke sana duluan. Pas dateng emang masih baru buka pisan, jadi belum begitu ramai, tapi perasaan saya langsung terkagum-kagum dan mata saya juga dimanjakan dengan instalasi yang ada di sana.

untitled-005 copy

Di Street Stage ini, kita bisa liat robot-robot yang megangin rantai buat kita lompatin, ada foto-foto yang ditempel, tas dan sepatu yang digambar atau dilukis, ada statue piloks berbentuk rudal yang bisa ditebak maksudnya adalah bomb dan video mapping dari Sembilan Matahari yang bikin foto kita makin kece. Pokoknya banyak yang beda deh kalau dibandingin sama pameran-pameran yang biasa didatengin.

Kegiatan ini punya tagline Rebel With A Cause, yang kalau saya terka-terka, sih, maksudnya kayak street art itu berbau vandalisme tapi bisa juga jadi medium untuk mengutarakan aspirasi atau ekspresi bagi yang melakukannya. Sebagai warga negara yang tau hukum, kita haruslah adil dalam menilainya. Teuing nyambung apa nggak. Hehe. Terus, pas saya lagi ngider menikmati pemandangan, tiba-tiba ada bunyi “klotak” dari spray paint, ternyata sedang ada live painting dari Rully Mondo untuk HLWD Crossover. Keren gitu hasilnya.

untitled-006 copy

Tentunya Street Stage hadir untuk ngasih ruang kepada seniman-seniman yang terlibat dan juga ngasih tau informasi kepada kita yang tentunya ada yang kurang tau mengenai street art. Menurut saya, sih, misi dari House The House ini udah berhasil, dan semoga makin sering bikin acara atau kegiatan yang keren dan penuh makna lagi ke depannya.

Foto: Bagus Danny & Ayub S. Kahfi

Comments are closed.