Press "Enter" to skip to content

“Stay True”, Sebuah Sikap dan Letupan Semangat dari Jeruji

Dulu mah saya paling menjiwai betul sama lirik lagu Lawan! dari Jeruji, meskipun dulu yang dilawan teh cuma bullying dari kakak kelas yang masalahnya mah teu pira pisan. Eh, punten, malah jadi curhat. Omong-omong soal Jeruji, setelah sempat melepas single Bangkit Bersama (feat. MC Morgue Vanguard), unit hardcore legendaris asal Bandung ini kembali menyeruak dengan letupan semangat yang lebih menggebu. Eits, tapi nggak cuma sembarangan muncul, kuartet hardcore yang kini beranggotakan Sani (drum), Pengex (bass), Andre (gitar), dan Ginan (vokal) ini kembali muncul dengan melepas single ke-2 mereka yang berjudul Stay True.

Jeruji dikenal sebagai band yang banyak mengalami evolusi. Sejak terbentuk pada 20 tahun yang lalu, Jeruji telah melalui beberapa kali pergantian personil yang diikuti dengan perkembangan gaya bermusik. Meski begitu, semangat mereka dalam meneriakkan isu-isu politik, etika, dan emosi, masih tetap menyalak sampai sekarang. Semantap itu ceesku! “Album ini merupakan fase penting bagi Jeruji karena kami menjadikannya sebuah pernyataan dan penegasan sikap dalam masa transisi yang kami alami selama satu tahun terakhir,” ungkap Jeruji.

Dalam proses penggarapannya, mereka menuliskan musik dan lirik yang relevan dengan semangat yang dituangkan; kemandirian, dialektika kebebasan dan tanggung jawab, solidaritas semesta, hingga pesan abadi dari pemaknaan hardcore punk: menjadi bagian dari solusi. Tuh, warga kreatif juga jangan kalah, kudu ikut menjadi bagian dari solusi. Tong ngahesekeun batur. Eh, kela, naha si kami jadi nge-gas kieu? Hampura.

Lagu ini juga merupakan anthem perangkum dari semua isu dan tema yang mereka usung. Sebuah marching hardcore dengan pengaruh OI a la The Oppressed, Death Threat dan Warzone dengan sedikit bubuhan metal twist di dalamnya. Perilisan single Stay True ini pun merupakan buah kerjasama beberapa pihak, di antaranya Grimloc Records dan Monsterstress Records.

Per tanggal 5 Oktober, lagu ini sebenarnya sudah dapat diunduh secara legal di situs resmi Monsterstress, namun sayangnya hanya dapat diunduh pada hari itu aja. Segera setelahnya, lagu ini dapat dinikmati di berbagai kanal digital seperti iTunes, Spotify, Deezer, dan lain-lain. Kalau begitu, tunggu apa lagi warga kreatif? Segera sikat single teranyar dari Jeruji, putar dengan volume maksimal, tapi tetap tenang karena album ke-5 dari Jeruji baru akan hadir di akhir bulan ini.

                                                                            

Twitter : @grimlocbdg | @jeruji4warlock

Comments are closed.