Press "Enter" to skip to content

“Space Wanderer Day Bandung”, Hari (Agak) Besar Para Fanboy

Kalau yang kemaren lewat Jalan Naripan terus nemu Kylo Ren lagi nyebat di pinggiran jalan, itu kamu nggak lagi ngelindur kok! Hari Sabtu (23/7) dan Minggu (24/7) kemarin, bertempat di Gedung YPK, Jalan Naripan, ada acara Space Wanderer Day Bandung atau yang lebih dikenal dengan SWDBDG. Acara yang dibuat sama komunitas fans Star Wars chapter Bandung ini menyajikan banyak kegiatan, mulai dari eksibisi karya seni dari 35 seniman bertemakan Star Wars, sampai temu antar komunitas. Selain itu, kegiatan ini juga menggunakan konsep one stop shopping. Kayak grosiran gitu lah. Da orang Indonesia mah mageran gitu. Cukup menarik, sih, jadi mulai dari cuci mata dengan karya seni dan action figure, dompet juga cukup kekuras dengan berbagai aksesori lucu dan ori yang dijual di sana. Hiks… THR ku…

Di SWDBDG juga ada beberapa wahana mirip escape room yang dikasih nama “Jebakan Neraka Bintang Maut” yang merekonstruksikan adegan-adegan escape di film Star Wars itu sendiri. Selain dibikin wahana, adegan-adegan film Star Wars juga ditampilin di sini dalam bentuk diorama, lho. Selain itu, yang aku anggap menarik dari SWDBDG kali ini adalah peleburan konsep Star Wars yang bule dengan kebudayaan Sunda. Hmm, nepika aya tahu bulat “kegelapan” oge kumaha tah carana.

167918

Meskipun nggak semeriah acara SWD dua tahun yang lalu, kegiatan kali ini nggak kalah rame kok. Soalnya ada Lightsaber Tournament! Berasa jadi Jedi beneran siah. Tenang kok, nggak pake lightsaber beneran, di kontes tersebut yang dinilai itu koreografinya. Maenya weh di acara senang-senang aya nu gelut. Turnamennya berhadiah lightsaber asli bikinan Bandung dari Sinar Saber. Mereka tuh satu-satunya lightsaber maker di indonesia dan basisnya Bandung. #BandungJuara.

Di dalam turnamennya juga ternyata ada kang Yayan Ruhian, tapi sebagai juri. Secara do’i kan bisa dibilang “sebagay” lah, di dunia action yang penuh koreografi. Pas banget yak, berhubung do’i juga maen jadi geng Kanjiklub di film ke-7-nya Star Wars.

ini koleksi pribadi dari komunitas Star Wars Bandung looochh~

Sebenernya agak kecewa, sih, karena aku membayangkan acaranya akan semeriah dua tahun lalu. Namun mungkin karena persiapannya cukup mepet dan armadanya sedikit, SWDBDG kali ini diadakan “sekuat tenaga”. “Persiapan untuk SWDBDG ini sebenernya cuman 10 hari, emang nggak pengen gede-gede amat, sih. Cuman ingin menghadirkan pertemuan antara Star Wars dengan fansnya. Soalnya jarang banget acara beginian di Bandung. Jadi kita aja yang buat,” jelas Aldo sebagai ketua pelaksana SWDBDG kali ini. Nggak apa, jangan bergundah gulana kayak aku lah. Yang paling penting kan udah nemu barang-barang berbau Star Wars buat ngelengkapin koleksi. Hehe.

Foto: Haruka Fauzia

Comments are closed.