Press "Enter" to skip to content

Simaklah, Sebuah “Utas” Liar dari Bad Mouth

Kami sempat lupa untuk bikin berita ini. Lupa karena saking derasnya arus informasi, dari huru-hara rock lokal sampai mudahnya memesan surat sehat bebas virus. Aduh, sungguh nirmanfaat. Padahal, di belahan kota lainnya, baru saja muncul ke permukaan sebuah band punk tanpa tedeng aling bernama Bad Mouth. Sungguh, kita sudah muak dengan yang manis di bibir memutar kata.

Unit young (at heart) punk Bandung ini berformasikan Vanda, Ruhut Armando, Haikal, dan Randy Nteng Ngabret. Nama-nama yang nggak asing tentunya di skena lokal. Ruhut, misalnya, selain sempat viral dengan konten papan kejujuran dan diangkat oleh media sekaliber suara.com, ia juga sempat mengisi hari-hari kita bersama kelompok musik Symphoni Polyphonic.

Lupakan tentang kata-kata santun. Debut single Bad Mouth telah lahir. Bertajuk Utas, materi eksplisit ini diunggah dalam bentuk audiovisual di kanal YouTube mereka, lengkap dengan liriknya. Merapal padanan kata lugas macam kalong liar, pejuang sosio moral era milenia, dan ular sawah.

Sebetulnya, makna Utas cukup jelas. Ini adalah diss track teruntuk unit musik rock ibu kota yang sempat menyinggung ranah musik metal. Nggak perlulah kami sebut namanya. Selebihnya, Utas menjadi sebuah anthem penanda zaman di mana kini tengah gandrung sebuah tren; ceritakan kisah cum opinimu dalam sebuah utas. A thread!

Energi yang mereka tebarkan melalui musik punk mengingatkan kami pada musik sejenis di era 2000an. Ya, sensasi yang sama ketika mendengarkan materi lagu milik band rock n’ roll Bandung, The Majestic. Walaupun begitu, Bad Mouth tetaplah Bad Mouth dengan keserampangan dan visual manis menjanjikan. Sudilah kami membayar beratus ribu tiket masuk sebuah gigs yang mencantumkan mereka sebagai line-up.

Bila menyimak linimasa resmi Bad Mouth, mereka tengah mempersiapkan materi kedua. Ah, kalem. Utas masih perlu diperdengarkan luas secara serentak di seluruh lapis skena musik.


Twitter: @badbadmouthh

Instagram: instagram.com/badbadmouthh