Press "Enter" to skip to content

Serunya Berdiskusi Soal Ruang Publik di “Trivia Club N° 10: Initiative // Intervention”

Duh, nggak kerasa gening, yaa, acara Musca 2015 teh tinggal menghitung jam, bukan hari lagi. Seperti yang kita tau, gelaran tersebut bakalan diadakan di salah satu ruang publik yaitu Hutan Babakan Siliwangi. House The House selaku penyelenggara emang getol banget dengan kampanyenya buat merevitalisasi ruang publik. Makanya acara Musca 2015 kali ini memanfaatkan salah satu diantaranya.

Dan mungkin banyak di antara kalian yang bertanya-tanya, “apa, sih, ruang publik itu?”, atau “ada masalah apa emang sama ruang publik di kota Bandung, sampai harus direvitalisasi?” Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut ada di gelaran Trivia Club N° 10: “Initiative // Intervention”, Jumat (23/10) kemarin. Yaa, bisa dibilang acara Trivia Club ini tuh semacam pra-event dari acara Musca 2015 lah, tujuannya mungkin biar masyarakat awam kayak saya tuh bisa lebih aware dan ngerti soal ruang publik dan perintilannya. Keren lah.

Suasana diskusi yang hangat, tambah kopi biar ntap.
Suasana diskusi yang hangat, tambah kopi biar ntap.

Gelaran yang berupa diskusi itu diisi sama beberapa pembicara keren, yaitu Florian & Daliana (SHAU), Danny Wicaksono (Studio Dasar), Fani ‘Inong’ Krismandar (We Built This City), Dedi Wahyudi (LABO), dan dimoderatori oleh Gemawang Swaribathoro. Peserta yang datang ke DU71A malam kemarin terlihat sangat antusias dengan pemaparan para pembicara. Terbukti dengan adanya beberapa diskusi hangat berupa tanya-jawab ataupun saling menanggapi pendapat antara pembicara dan penonton. Dan semuanya berjalan dengan tertib, nggak rusuh macam sidang bapak-bapak kepala negara kita. Hehe.

Diskusi tersebut dibagi menjadi beberapa sesi, pada sesi awal para pembicara dikasih kesempatan buat memaparkan materi yang telah mereka siapkan, terus pada sesi lainnya pembicara dikasih liat 5 gambar dan disuruh merespon. Jadi macam kuis gitu, tapi ini mah nggak ada bener atau salah, da cuma dimintain pendapat dan pandangannya masing-masing. Nggak dimasukin ke transkrip nilai juga hasil kuisnya da. Seru lah pokoknya mah, jadi keluar berbagai gagasan buat bagaimana bisa menghidupkan lagi ruang publik kedepannya.

Yuk, ke Musca 2015!
Yuk, ke Musca 2015!

Setelah datang ke acara Trivia Club semalam, saya jadi tau berbagai hal, soal apa itu ruang publik, fungsi seharusnya tuh kayak gimana dan gimana soal kabar ruang publik di Bandung saat ini. Kerennya lagi, ada tiga brand kece asal Bandung yang mau mencoba ikut serta dalam proses buat merevitalisasi ruang publik tersebut, mereka adalah Niion, Brodo dan Matoa. Oh, iya, dapet bocoran juga kalau besok, di Musca 2015, Niion bakalan bikin suatu instalasi gitu di samping panggung yang bisa dipakai buat istirahat atau leyeh-leyeh unyu gitu. Beuh, ntaps.

Jadi, buat yang pengen tau salah satu wujud revitalisasi ruang publik itu kayak gimana, datang aja langsung besok ke Musca 2015. Tapi buat yang udah daftar invitation aja, yaa. Kalau yang belum mah maap-maap aja, soalnya kemarin malem pendaftarannya udah ditutup gegara udah over quota cenah. So sad.

Foto: Yakub P.W. Atmaja

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *