Press "Enter" to skip to content

Semakin Tau Banyak Hal tentang Teh di “Trivia Club No. 12”

Warga kreatif ada yang suka minum teh kayak aku? Saking sukanya, sama aku mah malah dijualin heuheu. Biar khasanah ilmu pengetahuan tentang dunia teh meningkat, Jumat (8/4) kemarin aku dateng ke acara Trivia Club No. 12: Tea Class with Oza Premium Tea yang diselenggarakan oleh House The House, di DU71A, Jalan Dipati Ukur No. 71 A Bandung.

Pemateri Tea Class ini yaitu Oza Sudewo, selaku entrepreuneur dan owner dari Oza Tea House, Premium Tea. Acara ini terbagi menjadi beberapa sesi. Mulanya, Oza menerangkan sejarah teh dunia di berbagai negara, apa itu teh dan bagaimana teh menjadi bagian dari budaya, ekonomi dan gaya hidup. Lupa bawa binder, padahal bisa sekalian nyatet materi siapa tau ada di UAS.

Di sesi pembuka, Oza juga menerangkan jenis-jenis teh dan kisaran harganya. Kalau biasanya kita cuma minum teh biasa sama green tea ala-ala doang, ternyata teh itu ada banyak macemnya. Di antaranya neh, White Tea, Green Tea, Black Tea, Oolong Tea dan Pu Erh. Kisaran harganya pun lumayan ngiris dompet, warga kreatif! Ada yang 1,5juta-3juta/kg, bahkan ada yang 1milyar/20kg untuk Pu Erh Tea. Nah, Oza juga ngejelasin teh yang kualitasnya rendah sampai kualitas paling bagus.

Setelah puas dengerin sejarah dan jenis-jenis teh, kelas pun beralih ke sesi selanjutnya yaitu blind test! Blind test ini ngingetin aku ke zaman belajar kopi dulu, sama persis gitu lah. Aku kan anaknya aktif banget, belajar apa aja. Jadi, para peserta Tea Class disuruh mencicipi tiga jenis teh yang berbeda. Nggak cuma icip-icip, kalau kurang puas, peserta juga bisa nyium aroma dari teh yang belum diseduh.

Dari ketiga teh itu kita nebak deh, teh mana yang kualitasnya paling baik dan paling rendah. Dan ternyata, teh yang kebanyakan masyarakat Indonesia konsumsi, nggak usah sebut merk lah yaaa, adalah teh dengan kualitas yang paling rendah. Huhu sedih ya. Setelah icip-nyium-nebak, Oza balik lagi menjelaskan bagaimana cara menyeduh teh yang baik, dengan suhu air berapa dan nggak lupa Oza juga ngasih tau manfaat teh yang banyak banget.

Di sesi terakhir, Oza buat blind test lagi, tapi kali ini dengan dua jenis teh dari Jepang, Sencha Tea dan satunya lagi aku lupa, hehe maafin. Tapi rasa teh ini lucu, salah satunya ada yang rasa rumput laut, tinggal dikasih nasi mah enak kayaknya. Oza juga kembali lagi ngejelasin tentang sejarah teh Jepang tersebut dan kenapa rasanya bisa mirip sama rumput laut.

Sebagai penutup, Oza bikin kuis dengan hadiah dua bungkus teh dan dua botol green tea oil yang khasiatnya bagus banget katanya, buat empat orang yang bisa jawab pertanyaan dari Oza. Aku juga ikutan jawab, lho, warga kreatif! Tapi salah, nggak dapet hadiah deh. Niseudih.

Berfaedah dan bermanfaat pisan yah. Terima kasih Trivia Club! Warga kreatif, udah minum teh hari ini?

 

Foto: Raka Ubaidilah F.

Comments are closed.