Press "Enter" to skip to content

Sebuah Perjalanan Meraih Juara dalam “Pameran Foto Persib Juara 2014”

Hari Selasa (27/1) sore itu Bandung cukup dingin dan hujan turun malu-malu, tapi nggak membuat langkah ini berhenti untuk berjalan ke suatu pameran yang sangat intim sekali dengan warga kreatif Bandung. Awal tahun ini menjadi kilas balik yang tepat untuk menggambarkan bagaimana perjuangan tim kebanggaan warga Jawa Barat, khususnya Bandung, dalam meraih sebuah gelar yang dinanti selama 19 tahun.

Acara ini bertajuk Pameran Foto Bersama Persib Juara 2014 dan diselenggarakan di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5. Pameran ini dimulai dari tanggal 29 Januari hingga 1 Februari 2015. Foto-foto yang dipamerkan di dalamnya merupakan sebuah rekaman perjalanan Persib Bandung meraih tahta juara Liga Super Indonesia 2014. Orang-orang yang berhasil merekam semua momen tersebut adalah para jurnalis yang tergabung dalam sebuah organisasi yaitu Wartawan Foto Bandung (WFB).

Pembukaan pameran yang dilakukan pada tanggal 29 Januari ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar, dan juga dihadiri oleh pelatih Persib, Djajang Nurjaman,tim pelatih Persib, dan juga para pemain Persib. Selain pameran foto, ada juga kegiatan workshop foto jurnalistik kategori sepak bola, nonton bareng film Persib Bandung berjudul Buligir Day yang dibuat oleh Suara Bobotoh, dan talkshow pemain Pesib legend. Eits, kalau mau selfie bareng pemain Persib juga boleh, kok, ada booth-nya pas pintu masuk ke ruangan pameran, dilombain malah. Jadi, pameran ini Persib banget deh, kalau kamu mau liat lagi perjalanan tim ini untuk meraih juara, ya, udah paling tepat di sini tempatnya.

Dateng dong, emang puas liat segini doang.
Dateng dong, emang puas liat segini doang?

Menurut Adam Erlangga, Ketua Panitia Pameran Foto Persib Juara 2014, kegiatan ini sebenarnya adalah agenda rutin tahunan dari WFB. Organisasi ini rutin melakukan pameran kilas balik Jawa Barat di setiap awal tahun, ya, semacam mengingatkan kembali apa yang telah terjadi di masa lalu. Inget ya, cuma mengingatkan, bukan bermaksud gagal move on, ehm. Nah, sehubungan dengan ada momen Persib juara, maka untuk pameran kali ini mereka mengangkat tema Persib juara.

“Pameran foto ini tujuannya buat apresiasi dari pewarta foto buat pemain, buat tim, mudah-mudahan bisa jadi motivasi yang berlebih, bisa menggapai prestasi lebih. Kalau buat bobotoh, ya, bisa lebih menguatkan kembali memori yang sudah ada di pikiran, dikuatkan lagi sama pameran ini,” jelas Kang Adam yang menceritakan tujuan terselenggaranya pameran foto ini.

Foto-foto yang dipamerkan di sini udah pasti yang terbaik dari semua foto-foto terbaik yang dimiliki oleh para jurnalis. Kurator yang ditunjuk dalam mengkurasi foto-foto ini ada tiga orang, yaitu Pak Imam Cahyadi dari Galamedia, Pak Gelora Sapta dari Pikiran Rakyat, dan Pak Jafi dari Tribun. Jumlah foto yang dikurasi pun nggak dikit ya, ada 350 foto yang dikurasi dan hasilnya adalah sebanyak 75 foto aja yang dipilih. Foto-fotonya bercerita mulai dari persiapan latihan, pertandingan selama tahun 2014, momen pernikahan, sholat bareng, liburan bareng, nonton bareng, hingga tur keliling kota mengarak piala yang ditunggu selama 19 tahun itu.

Foto karya Deden Iman dari Pikiran Rakyat
Foto karya Deden Iman dari Pikiran Rakyat.

Untuk kalian para bobotoh, masih ada waktu, nih, buat datang dan melihat kembali detik-detik bagaimana Persib juara. Siapa tau juga, nggak sengaja gitu kan kejepret sama jurnalis dan ikut nebeng muka di pameran ini. Inget, jangan sentuh karya, ya. Cukup dinikmati dan diresapi aja tiap fotonya.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *