Press "Enter" to skip to content

Sebentar Lagi, Marsh Kids Bakalan Rilis Kaset The Other Side of The Moonblood!

Entah awalnya dari mana dan siapa pencetusnya, semenjak beberapa tahun kebelakang, banyak band yang merilis karya mereka melalui dua format yang terbilang cukup jadul namun bergengsi, yaitu vinyl dan cassette-tape. Pada awalnya hanya ada satu atau dua band yang merilis materi baru mereka melalui salah satu dari kedua format tersebut, dengan tujuan bakalan jadi collectible item. Tapi, makin sini makin banyak juga band yang melakukan re-issue karya mereka yang sudah dirilis sebelumnya ke dalam format vinyl ataupun cassette-tape.

Yaa, kita sama-sama tau lah, kalau 2014 vinyl emang lagi hype banget, dimana-mana orang ngomongin soal dimana tempat beli vinyl band A-B-C-D dan juga turntable-nya. Dibalik hype-nya si vinyl, ternyata perlahan-lahan format cassette-tape pun ikut berkembang terutama menjelang akhir 2014 kemarin. Berkaca dari hal tersebut, saya prediksikan tahun 2015 ini bakalan banyak band-band yang ngerilis materinya via format tersebut.

Nggak percaya? Nih, salah satu buktinya, sebentar lagi Marsh Kids bakalan meluncurkan B-side album mereka yang berjudul The Other Side of The Moonblood dalam format cassette-tape yang diproduksi ke dalam 2 jenis warna, yaitu: clear red dan maroon. Dirilisnya cassette-tape tersebut merupakan hasil kolaborasi mereka dengan record label asal Jakarta, Nanaba Records, dan rencananya hanya akan dirilis terbatas sebanyak 100 buah, doang.

Cassette-tape ini berisi 13 track terbagi antara versi B-side dari beberapa lagu dan juga beberapa kumpulan demo (bahkan yang direkam via telepon genggam). Enak. Ada bocoran juga, katanya, di dalam album ini, terdapat juga 2 unrealeased track yang ditaruh sebagai pembuka dari masing-masing side, yaitu Mawar Tujuh Rupa (dinyanyikan oleh B. Tobing) & Call The Wine (dinyanyikan oleh S. Pramudita).

“Versi demo dan B-side dari beberapa lagu mencerminkan kejujuran dan kerendahan hati yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang, yang seringkali terlalu ingin eksentrik dan berlebihan sehingga untuk mengembalikan itu ke bentuk yang paling awal sangatlah diperlukan. Semata-mata untuk mengingatkan kita semua bahwa sebelum menjadi sesuatu, segala hal berawal dari bukan apa-apa.”, ujar F. Achmar pada siaran pers.

Album ini rencananya bakalan diluncurkan di Singapura pada gelaran Tabik! vol. 5 in conjuction with Rockin The Region. Pada acara yang berlangsung dari 13-15 Maret 2015 tersebut Marsh Kids menggandeng Barefood dan Elephant Kind buat main selama tiga hari berturut-turut. Uyuhan teu cape da. Ckckck. Tapi kalau buat lokalnya, cassette-tape tersebut baru bisa didapetin pas gelaran Records Store Day (18/4) nanti di Jakarta. Jadi, yaa buat yang pengen punya, apa boleh buat selain nunggu bulan April nanti, atau mau nonton mereka di Singapura? Bebas aja, sih, itu mah, gimana kalian aja deh. Ciaaoo!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *