Press "Enter" to skip to content

Semangat Berkarya untuk Bandung ala “Monoponik Studio”

Warga kreatif, udah ada yang pernah liat iklan bukalapak(dot)com? Atau ada yang pernah nonton ilustrasi campaign kota Bandung? Bagus pisan yah, pada tau nggak itu buatan siapa? Buat yang nggak tau, itu teh buatan Monoponik Studio, salah satu studio yang bergerak di industri desain grafis. Buat kamu anak desain, pasti tertarik banget, nih, makanya aku kemarin ngobrol-ngobrol sama Ahmad Rifqi Anshorulloh, salah satu owner Monoponik Studio, di studio mereka.

Arti dari nama Monoponik sendiri, berawal dari penggabungan nama alias para owner Monoponik yaitu Rifqi a.k.a Mocho dan Naufal a.k.a Nof, yang kemudian menjadi singkatan Mono lalu diberi kepanjangan menjadi Monoponik. Nama Monoponik sendiri seketika mengingatkan kita pada jaman hp nok*a yang hanya punya nada dering berbasis satu nada, mereka pun mengartikan bahwa Monoponik itu senada, satu visi-misi dan satu semangat, gitu~

Monoponik Studio ini bergerak di bidang ilustrasi, information graphic dan motion graphic. Yang bikin keren Monoponik ini, mereka suka berkolaborasi dengan beberapa dinas Kota Bandung dan pihak swasta lainnya untuk membuat campaign-campaign menarik lewat ilustrasi. Buat yang penasaran boleh cek channel Youtube di sini atau Facebook-nya Monoponik. Aku aja ketagihan~

Facebook menjadi perantara pertemuan antara Ahmad Rifqi Anshorulloh dan Faris Majduddin Naufal, pada tahun 2010 berawal dari sanalah mereka yang asalnya hanya ngobrol-ngobrol tentang desain kemudian kopi darat dan akhirnya menyepakati untuk bersama membuka studio. Dengan modal hanya laptop dan modem, keduanya mengawali Monoponik Studio hingga akhirnya punya studio sendiri dan terus berkembang sampai saat ini. Meskipun awalnya cukup sulit untuk mendapatkan restu dari kedua orang tuanya untuk membuat studio dan menjadi pengusaha di bidang desain, namun berbekal keyakinan terhadap apa yang dijalani, Rifqi pun akhirnya dapat membuktikan hal tersebut kepada orang tuanya. Monoponik sendiri resmi berdiri pada tanggal 12 Desember 2012 dengan beranggotakan Rifqi dan Naufal. Angkanya meuni cantik ih, jadi keinget terus.

Suasana kerja di Monoponik Studio boleh dibilang sangatlah nyaman dan membuat betah untuk terus berkarya. Hal itu terlihat dari pembawaan orang-orangnya yang santai dan meja kantor yang dipenuhi mainan. “Kalau kata iklan, sih, ngantor nggak harus di kantor. Prinsip kita, sih, bukan sekadar bekerja tapi berkarya, agar hasilnya bermanfaat bukan cuma untuk diri sendiri, tapi buat orang lain pun,” tutur Rifqi.

Untuk saat ini Monoponik sedang mengerjakan beberapa project dengan agenda kota(dot)id, AIESEC, Balai Data Pengelolaan Sumber Daya Air Jawa Barat, dan lain-lain. Wih sibuuukk, nih! Nah, buat warga kreatif yang tertarik pengen ngobrol-ngobrol tentang desain sama Monoponik, Rifqi mengundang kalian buat main ke studionya yang beralamat di Komplek Setra Dago, Jalan Setradago Timur II No. 2D Antapani, Bandung. Sok atuh ngobrol warga kreatif selain bisa dapet ilmu siapa tau dapet jodoh.

Monoponik berharap agar bisa terus berkarya dan bermanfaat bagi orang lain, makanya salah satu wacana mereka dalam dekat ini membuat proyek inisiatif yang diberi nama “bedah desain”. Dengan proyek ini, mereka mencoba membantu pedagang kecil dimulai dari tukang bakso dan nasi goreng langganan mereka. Mereka berniat untuk membantu pedagang tersebut dengan memberikan desain seperti daftar menu atau membuat tampilan gerobak mereka agar terlihat lebih rapi menarik. “Kalau bikin client puas memang sudah seharusnya, client puas ya kita dapet uang, beres. Tapi dengan hal-hal seperti itu (bedah desain, RED) lebih merasa peran kita sebagai desainer lebih terpakai dan bermanfaat,” ujar Rifqi dengan penuh semangat. Wih, salut aku mah! Jadi ikutan semangat juga, nih!

Wah, sangat menginspirasi sekali ya Sebagay kali ini! Nuhun ya Monoponik Studio udah mau ngobrol-ngobrol bareng aku. Tuh, warga kreatif berkarya terus ya! Maju terus buat Monoponik Studio!

______________________________________

Monoponik Studio
Komplek Setra Dago
Jalan Setra Dago Timur II No. 2D Antapani, Bandung

Web : www.monoponik.com
Email : info@monoponik.com
Facebook : www.facebook.com/monoponik
Twitter : @monoponik
Youtube : youtube.com/monoponik

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *