Press "Enter" to skip to content

Sadar Sejarah dan Sayang Kota bersama “Mooi Bandoeng”

Kalian beneran kenal sama Kota Bandung? Seberapa dalam kenalnya? Beneran tau asal nama Bandung itu dari mana? Eh, kalian seriusan orang Bandung? Tapi kayaknya kalian semua kalah, deh, sama Akang yang satu ini, seseorang yang hidup di Bandung bukan sekadar numpang aja tapi benar-benar mengenal hampir semua sudut kotanya. Siapakah dia? Hey hey siapa diaaaa…

Namanya adalah Ridwan Hutagalung. Kalau dilihat dari namanya, nampak berasal dari tanah seberang, ya. Tapi siapa sangka, kecintaannya pada Kota Bandung boleh dibilang mengalahkan orang asli Bandungnya sendiri. Kang Ridwan, sapaan akrabnya, adalah Sarjana Hubungan Internasional dari salah satu kampus swasta di kawasan Ciumbuleuit. Dia punya prinsip yang diambil dari peribahasa tanah Minang, yaitu “di mana bumi dipijak, di sana langit (harus selalu) dijunjung”. Akang ini benar-benar mengaplikasikan peribahasa itu dalam kehidupan sehari-harinya. Saat semua orang melewati jalanan di Kota Bandung dengan biasa saja, berbeda dengan Kang Ridwan, dia mengetahui lebih dalam tiap inci Kota Bandung.

Pembuktian nyata dari kecintaannya terhadap Kota Bandung dapat kalian lihat di salah satu blog yang dia kelola, yaitu Mooi Bandoeng. Buat kalian yang rajin cari-cari info sejarah Kota Bandung, pasti pernah mampir di blog ini. Kalau kalian pikir Mooi Bandoeng ini milik komunitas, maka kalian salah! Karena sebagian besar artikel yang ditulis di laman blog ini, merupakan hasil dari jalan-jalannya Kang Ridwan di Kota Bandung. Tapi tetap aja, sih, karena Kang Ridwan ini sangat aktif di komunitas, jadi jiwa-jiwa blognya udah berasa blog komunitas aja.

Mooi Bandoeng sendiri awalnya adalah nama majalah yang diterbitkan oleh Komunitas Bandung Vooruit  pada tahun 1930-1941. Kalau kalian cari komunitas ini, pasti udah nggak ada karena mereka hadir pada saat jaman kolonial. Komunitas inilah yang mencari potensi pariwisata di Bandung, kalau nggak ada mereka, nggak akan ketemu, tuh, jalan ke Gunung Papandayan.  Majalah Mooi Bandoeng ini beredar ke seluruh kawasan Hindia Belanda. Nah, bayangin aja tuh, nama Bandung emang udah harum sejak dahulu kala.

Untuk membangkitkan kembali semua kenangan tersebut, Kang Ridwan mengambil nama ini untuk blognya. Pada tahun 2007, Mooi Bandoeng dipakai untuk nama perpustakaan pribadinya yang bertempat di rumahnya sendiri, yaitu di Jalan Buah Batu Dalam 5 No. 136 Bandung. Kemudian pada tahun 2008, Mooi Bandoeng ditunjuk oleh Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) untuk menjadi event organizer pada perayaan ulang tahun Museum KAA, lebih tepatnya untuk menjadi penyedia jasa tur sejarah Kota Bandung dan napak tilas Konperensi Asia Afrika.

Semenjak itulah, Mooi Bandoeng lebih berkonsentrasi pada penyedia jasa tur kota sejarah maupun tempat wisata lainnya yang ada di Bandung dan Priangan. Tempat yang dikunjunginya juga bukan tempat-tempat biasa, dan lebihnya lagi kita mendapatkan banyak ilmu dari perjalanan tersebut yang kita nggak dapatkan di buku sejarah. Kalau mau tau cerita Kota Bandung lebih banyak, segera aja cek blognya Kang Ridwan, dijamin jadi sadar sejarah dan sadar kota!

“Buat saya, semua itu lebih ke pelajaran atau apresiasi hidup. Semua tempat yang saya kunjungi tidak menjadi biasa saja. Buat saya itu semua seperti buku, semuanya bermanfaat, semua punya arti, dan berkesan. Saya tidak bisa memilih halaman mana yang paling baik atau berkesan” – Ridwan Hutagalung

Menurut Kang Ridwan, sebagai manusia yang hadir di suatu kota, alangkah lebih baiknya kita nggak memposisikan diri kita cuma sebagai tamu saja. Kalau kita cuma jadi tamu, maka kita nggak akan ikut berkontribusi dalam pengembangan kota tersebut. Kita harus menjadi warga Bandung yang ingin ikut berkontribusi untuk kotanya, nggak perlu jadi besar, cukup dari hal yang paling kecil, contohnya seperti nggak buang sampah sembarangan. Sebagai warga kreatif, nih, kita harus sadar sama sejarah kota yang kita tinggali dan memiliki kesadaran sebagai warga kota. Itu harapan dari Kang Ridwan untuk warga kreatif yang ada di Kota Bandung.


Mooi Bandoeng & Komunitas Aleut

Selain sibuk mengurus Mooi Bandoeng dan Kedai Preanger (Kedai milik Ridwan Hutagalung, RED), Akang yang satu ini juga aktif sebagai pengasuh di Komunitas Aleut.  Hubungannya udah kayak bapak sama anak aja. Kalau Mooi Bandoeng mendapatkan tawaran untuk jasa city tour, maka yang dipanggil untuk jadi pemandunya adalah rekan-rekan dari Komunitas Aleut. Boleh dibilang, Mooi Bandoeng ini jadi tempat belajar untuk anggota yang bergabung di Aleut. Komunitas ini udah kayak reinkarnaksinya komunitas Bandung Vooruit deh.

Kegiatan rutin yang diadakan oleh Komunitas Aleut ini ada 2, yaitu Kamisan yang sering diadakan di Kedai Preanger ataupun di basecamp Aleut di Jalan Sumur Bandung No. 4 Bandung. Kegiatan ini biasanya diisi dengan mendiskusikan jalur ngaleut pada hari Minggu, diskusi, nonton film bareng, dan masih banyak lagi. Kegiatan satu lagi adalah Ngaleut Bandung, iya, itu yang diadakan setiap hari Minggu. Kegiatan jalan-jalan dan mendapatkan pembelajaran tentang informasi sejarah ke lokasi yang dikunjungi. Kalau mau ikutan ngaleut, gampang banget caranya, tinggal cek linimasa mereka, konfirmasi kehadiran, dan datanglah hari Minggu. Seriusan, itu aja kok.

Komunitas Aleut ini cocok untuk kalian yang seneng jalan-jalan, memiliki kemauan belajar, dan punya rasa ingin tau yang tinggi. Komunitas ini sudah ada sejak tahun 2006 dan sampai sekarang masih aktif banget ngadain kegiatan Ngaleut, nggak rugi deh kalau kalian mau gabung di komunitasnya juga. Sudah ada 700 anggota yang terdaftar di komunitas ini, banyak gitu, masa kalian nggak mau ikutan.

Cara untuk ikutan komunitasnya pun gampang banget, nih. Isi formulir dan membayar iuran Rp10 ribu pertahun. Pertahun tuh ya bukan perbulan. Dengan ikutan komunitas ini juga kalian bisa lebih mencintai kota yang kalian tinggali, iya, Bandung. Belajar yang lebih menyenangkan lewat apresiasi sejarah dan wisata. Makanya buruan cek sosial medianya mereka deh, nggak nyesel deh serius, bisa juga ngobrol-ngobrol banyak sama Kang Ridwan, nambah ilmu pisan, bro! Inilah cara baru jadi anak gaul Bandung!

______________________

Mooi Bandoeng

Web : mooibandoeng.wordpress.com | ridwanhutagalung.wordpress.com

Twitter : @mooibandoeng | @pamanridwan

Komunitas Aleut

Web : aleut.wordpress.com

Facebook : Komunitas Aleut

Twitter : @KomunitasAleut

Email : komunitasaleut@gmail.com

 

Foto : dok. Mooi Bandoeng & Komunitas Aleut

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *