Press "Enter" to skip to content

Realita Pengamen Jakarta di film “Jalanan”

Cerita dengan latar Jakarta memang selalu menarik untuk diangkat menjadi karya film. Kisah Ibu Kota nampaknya tak pernah habis. Mulai 10 April, sebuah film dokumenter berlatar Jakarta akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia, dengan judul “Jalanan”.

Film ini merupakan hasil dokumenter tiga pengamen ibu kota yaitu, Boni, Ho, dan Titi yang hampir menghabiskan seluruh masa dewasa mereka tinggal di jalanan Jakarta. Penggagas sekaligus sutradara, Daniel Ziv, mengikuti kehidupan tiga pengamen ini dalam keseharian mereka mengejar mimpi dan kebahagiaan. Penonton dibawa ikut menulusuri rongga Jakarta yang semrawut dan memusingkan tapi juga dibalik itu menyimpan harap dan impian.

Total, Ziv menghabiskan waktu enam tahun untuk mendokumentasikan mereka. Selanjutnya Ziv dibantu sineas Ernest Haryanto untuk ngedit semua rekaman selama bertahun-tahun tersebut. “Jalanan” sebenarnya sudah rilis Oktober 2013, tapi hanya ditayangkan ke beberapa pihak, dan di bulan tersebut film ini berhasil membawa pulang penghargaan prestisius di Busan International Film Festival (BIFF) dalam kategori “Best Documentary”. Robi, vokalis Navicula juga berpendapat bahwa film ini sangat jujur dalam menggambarkan realita Indonesia – Jakarta pada khusunya – dan hukumnya: wajib tonton.

Jangan lupa mampir ke website “Jalanan”:
Website Resmi “Jalanan”

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *