Press "Enter" to skip to content

Rayakan Hari Buku Nasional, Di Sini!

Selamat Hari Buku Nasional! Sayangnya nggak dijadikan hari libur nasional, yah. Tapi selama ini justru kita-kita lebih sering buka internet dibandingkan baca buku. Nggak apa-apa, sih, kalau bukanya situs roi-radio.com mah hehehe. Ngomong-ngomong, kamu mau merayakan hari buku di mana, nih?

Kehadiran taman-taman rancangan Kang Emil di Kota Bandung, tentu menjadikan banyak ruang terbuka hijau yang asik untuk membaca buku. Denger-denger, sih, tahun 2014 ini Kang Emil merencanakan membangun Taman Buku. Seru atuh! Tapi nggak tau kapan. Sambil nunggu Taman Buku, nih, ada beberapa alternatif taman baca yang enakeun.

Kineruku.
Kineruku.

Kineruku adalah sebuah taman baca, dengar dan tonton, terletak di Jalan Hegarmanah No. 52. Di sana kamu bisa menemukan referensi buku sastra, budaya, filsafat, sejarah, novel daaan masih banyak lagi. Enakeun buat nongkrong sambil baca buku, karena tempatnya tenang, jauh dari keramaian kota serta gerang-gerung balap liar. Buku-buku di sana bisa dipinjam, asalkan kamu udah jadi member Kineruku. Membernya terbagi menjadi dua jenis gitu deh, dengan pilihan buku pinjaman yang berbeda. Buat yang nggak punya member tetep bisa baca kok, asal nggak dibawa pulang weh. Oh iya, di sana juga tersedia menu makanan dan minuman. Bisa sambil ngemil enak tentunya. Sekalian mampir ke Garasi Opa, toko barang antik yang letaknya di halaman belakang Kineruku.

Omuniuum dan Taman Bacaan Gubuk Dongeng.
Omuniuum dan Taman Bacaan Gubuk Dongeng.

Bergerak menuju Ciumbuleuit No. 151b lantai 2, kamu akan menemukan tempat yang nggak asing. Omuniuum, yang lebih dikenal sebagai toko musik, juga menyediakan perpustakaan mini. Meskipun nggak banyak banget koleksi bukunya, justru memudahkan kamu untuk bisa menjamah semuanya. Enaknya baca buku di sana, kamu juga bisa sambil dengerin lagu yang diputerin si aa dan teteh Omu. Kalau udah beres baca buku, jangan ke mana-mana dulu. Di sebelahnya ada Taman Bacaan Gubuk Dongeng, yang menyediakan koleksi komik, majalah dan novel cukup lengkap. Kalau kamu mau baca buku di sana ditagih biaya 50% dari harga buku, dan kurang nyaman aja karena hanya ada satu buah kursi kayu. Jadi mending baca di rumah biar bisa sambil ngerjain tugas. Apeu.

Zoé Cafe & Library.
Zoé Cafe & Library.

Selanjutnya menuju ke Zoé Library di Jalan Pager Gunung 3. Sekilas dari luar terlihat seperti sebuah cafe berisi orang-orang yang nutupin muka pakai buku. Konsep Zoé ini emang library dan cafe, jadi kamu bisa baca buku sambil makan gitu deh. Mirip seperti Kineruku tadi, cuma di sini mah cukup terdengar hingar bingar kota. Perpustakaan Zoé bentuknya keren, berisi ruangan yang dipenuhi buku-buku, ya iya atuh.. Koleksinya berisi komik, novel dan beberapa majalah. Senangnya di sini masih ada buku cerita rakyat, satu hal yang perlu dilestarikan nih. Buat kamu yang masih sekolah, jangan beli LKS di Zoé, soalnya nggak ada.

Pangkalan Ojeg Pintar Cikutra.
Pangkalan Ojeg Pintar Cikutra.

Mau baca-baca unik? Di Jalan Cikutra ada sebuah perpustakaan kecil, dan uniknya terdapat di pangkalan ojeg! Perpustakaan Ojeg Pintar ini didirikan oleh komunitas Kelola Buku Kita (Kebukit), katanya biar mang ojeg bisa baca buku selagi nunggu penumpang. Baru Januari kemarin diresmikannya. Kamu juga boleh, kok, baca-baca di sana, selagi nunggu jodoh. Ada juga tempat seru buat baca-baca, Little Wings Café & Library. Lengkapnya sok baca di sini hehehe.

Sebenernya bisa aja, sih, kamu menikmati kegiatan membaca di mana aja, mau di taman, di kolam renang ataupun di pangkuan guru les privat, karena kondisi asik membaca diciptakan oleh kamu sendiri tentunya. Nggak punya buku? Tinggal jadi member di taman bacaan kesukaanmu, dan pinjamlah buku sesukamu. Karena dengan begitu toko buku serta taman bacaan masih bisa hidup di era serba digital ini, dan kamu pun telah berpartisipasi dalam memaknai Hari Buku Nasional. Edan. Aku sayang buku!

 

Foto: Krishna & Sasti Rahmilia

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *