Press "Enter" to skip to content

Rasa Kagum yang “Sederhana” di Karya Terbaru Munthe

Hidup sederhana, sedang-sedang saja, serba berkecukupan. Cukuplah punya rumah di Dago, dua mobil, dan motor cc besar. Tapi ngomongin soal perasaan, nggak bisa, sih, kayaknya kalau harus sesederhana mungkin. Eh, masa?

Munthe menjawab dengan sigap bahwa perasaan bisa disekut secara sederhana. Bener, sederhana ajalah nggak usah ribet-ribet jatuh cinta mah hahaha. Itu ia tunjukkan melalui perilisan single anyarnya yang berjudul Sederhana, dirilis via label rekaman Future Exp pada 11 April 2020.

Munthe Boyd yang merupakan solois asal Bandung, mengaku terinspirasi dari kejadian nyata mengangkat tema cinta serta bercerita mengenai rasa kagum yang ditujukan kepada seseorang, bisa wanita ataupun laki-laki, gimana kamu aja. “Dengan lirik yang sederhana, saya berusaha menginterpretasikan momen-momen lumrah ketika sedang jatuh cinta seperti jantung berdebar hingga kejadian yang terbawa mimpi. Lagu ini seolah bercerita mengenai kisah menyenangkan yang patut dirayakan keberadaannya,” konfirmasinya melalui rilis pers.

Dalam keterangannya dikatakan pula bahwa proses rekaman kali ini dibuat lebih minimalis dengan hanya menggunakan satu synthesizer merek Yamaha DX7, bass, dan drum untuk mengejar “kesederhanaan”. Eksperimen ini terbukti tepat karena mampu membangun suasana yang diharapkan.

Oh ya, Sederhana jadi lagu pertama Munthe yang ditulis dalam bahasa Indonesia sejak album The Sun Has Sunset (2014). Selain kini dibantu Rizki Agus Wibowo, lagu ini juga kembali diproduseri oleh Dissa Kamajaya, dan sentuhan Adaptasi pada pengerjaan artwork. Track ini juga akan masuk ke dalam album Munthe berikutnya yang tampaknya nggak akan lama lagi. Cakeppp.

Sampai tulisan ini dimuat, Sederhana sudah bisa didengarkan melalui layanan Bandcamp dan kanal YouTube milik Future Exp. Karya ini bisa kamu nikmati di seluruh layanan musik digital pada 14 April 2020.


Twitter: @muntheboyd

Instagram: instagram.com/muntheboyd

Bandcamp: munthe.bandcamp.com | futureexprecords.bandcamp.com