Press "Enter" to skip to content

(Pot) Bunga Di Tepi Jalan, Alangkah (Nggak) Indahnya

Kali ini, saya, sebagai “aa-aa” berniat mewawancarai, atau mungkin lebih tepatnya menegur kali, ya, seseorang (atau sesuatu?) yang secara nggak sadar sering kali menyusahkan warga Bandung. Orang ini, kalau diibaratkan lagu, seperti lagunya Koes Plus, Bunga di Tepi Jalan. Memang ada di tepi jalan, kasihan, tapi nggak indah. Namanya Cepot. Nama panjangnya saya nggak tau, nggak minat tau juga.  Oh iya, cepot ini ada di pinggiran jalan Cicadas. Serem juga, sih, Negara Beling, tapi selama nggak aneh-aneh mah nggak akan apa-apa lah.

Pas saya liat, dia lagi diem aja gitu ngajedog. Tanpa basa-basi, saya mulai mewawancaranya, saya kagetin dulu tapi.

Saya: EH MANEH! KEUR NAON SIAH DI DIEU!? NGAHALANGAN BATUR LEUMPANG, MANEH TEU APAL AING NU NYEPENG DAERAH DIEU, HAH!?

Cepot: Eh iya, punten akang, punten.

S: Eh, hereuy kang, hereuy.

C: Euleuh, ngagetin aja si akang mah.

S: Haha, biar akrab coy. Jadi gimana, kang Cepot? Apa kabar?

C: Aduh, jangan panggil saya Cepot, kang.

S: Eh naha?

C: Nanti siga nu di wayang, tapi emang nama asli saya Cepot, tapi atuh pake nama kerennya aja.

Tuh
Kang Ceppy lagi diem nggak gerak.

S: Apa nama kerennya?

C: Ceppy, kang.

S: Oh oke, kang Ceppy, jadi gimana kang Ceppy kabarnya? Sibuk apa, nih?

C: Sehat, alhamdulillah. Yah, saya mah sibuk gitu ajah, diem di sini.

S: Diem ngalangin jalan gitu kang?

C: Sing sumpah, saya mah nggak ada niat da ngalangin jalan.

S: Atuh naha disini?

C: Da saya mah nggak tau, da saya mah apa cuma pot bunga.

S: Eh iya, sih, kuduna saya nanya ke Pemkot, ya? Kan trotoar teh buat jalan orang, bukan buat pot bunga.

C: Iya tah tanya ke Pemkot. Mungkin, sih, dia maksudnya baik awalnya, biar ada ijo-ijo gitu.

S: Iya, tapi nggak ngalangin jalan gini juga kang. Kalau gini kan saya harus turun ke pinggir jalan, entar keserempet.

C: Iya (si akang kayak yang sedih gitu, padahal mimik mukanya nggak keliatan)

S: Eh jangan sedih gitu atuh kang.

C: Saya teh sedih. Sementara saya ngalangin jalan kayak gini, diem di trotoar, sodara-sodara saya yang di Buah Batu mah malah bagus. Menghijaukan jalan raya, soalnya mereka mah disimpen di trotoar pembatas yang tengah tea geuning, bukan buat jalan kaki, cuma buat numpang nyebrang.

S: Oh gitu kang?

C: Iya, ari saya mah meuni teungteuingeun disimpen disini.

ter
Tempat tinggal Kang Ceppy nggak enakeun.

S: Wah, bener euy karunya si akang. Jadi ternyata akang juga merasa nggak enak, ya?

C: Ya iya atuh, saya diem disini, ngalangin orang jalan, nggak enak lah, ini trotoar kan hak pejalan kaki. Apa bedanya saya sama PKL dan pengendara motor anu bedegong kalau begini mah?

S: Oke lah kang, saya kan dari ROI, nih, banyak juga yang suka baca, akang ada yang mau disampaikan nggak ke pembaca?

C: Iya, nih, saya mah maap, maap pisan. Saya mah nggak ada maksud menyulitkan warga Bandung. Da saya mah cuma disimpen begitu aja. Mungkin merekanya yang nggak pake ngitung atau mikir, saya mah cuma tau disimpen aja, terus dikasih tanaman. Jadi punten, punten pisan, saya jangan dirusak yah.

S: Iya kang, nanti saya sampaikan kata-kata akang yah.

C: Punten pisan yah.

S: Iya kang, nggak apa-apa. Ya udah atuh kang, saya pamit dulu, hatur nuhun yah kang, sampai ketemu lagi. Semoga akang direlokasi nanti-nantinya, ya!

C: Siap, hatur nuhun juga dari saya.

 

Saya akhirnya pergi meninggalkan kang Ceppy. Merasa berdosa juga, sih, tadi nyiram pohonnya pake teh botol. Nggak apa-apa deh, besok-besok nggak akan lewat jalan itu lagi kok. Semoga kang Ceppy segera dipindahkan ke tempat yang enakeun dan nggak menghalagi pengguna jalan. Amin.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *