Press "Enter" to skip to content

“Plaza”, Sebuah Sudut Pandang Konsumtif dari 1/4

Mendengar kata “konsumtif” apa, sih, yang ada di pikiran warga kreatif? Beli barang mewah yang nggak sesuai dengan kebutuhan? Atau makan makanan mahal padahal ongkos pulang nol rupiah? hmm, ya, pasti kalian semua punya jawabannya sendiri-sendiri. Begitu juga band yang digawangi oleh Bismo Triastirtoaji (vokal), Audi Adrianto (gitar), Levi Stanley (drum), dan Rigaskara (bass), bernama 1/4. Mereka juga punya perspektif sendiri, lho, dalam menyikapi sudut pandang budaya konsumtif yang menghinggapi masyarakat kita.

Kuartet rock debutan asal Jakarta, 1/4 merilis debut single anyar bernafaskan hard rock 90s alternative berjudul Plaza. Mereka siap untuk menancapkan taring mereka di sirkuit musik nasional dengan single yang bercerita mengenai sudut pandang budaya konsumtif yang udah mengakar pada setiap sendi kehidupan masyarakat. Termasuk halnya membeli “puting manusia” yang merupakan sebuah metafora atas hal-hal propaganda konsumerisme. Sedikit mengandung perkataan nggak lazim, tapi emang bener gitu. Layaknya membeli, ah udah nggak usah dilanjutin.

Frontman 1/4 sekaligus konseptor ulung Bismo Triastirtoaji, membeberkan sedikit mengenai single Plaza yang memiliki arti sebagai pilihan masing-masing individu. “Pada hakikatnya, konsumerisme adalah pilihan masing-masing individu; kami sebagai manusia pun tidak menutupi ataupun melarang isu ini.” ucap Bimo.

Single ini ternyata nggak sendirian, lho. Single 1/4 aja ada yang nemenin, masa kamu nggak ada? Candaa. Lanjut ke topik, gan. Plaza ternyata didampingi dengan peluncuran video klip di mana para personil 1/4 menjelajahi pusat-pusat perbelanjaan nomor wahid di Ibukota dengan bertansformasi seutuhnya menjadi “wanita”. Sadis gini.

Wah, goks parah, sih, video klipnya. Yang nggak kuat iman, sedikit tutupi mata anda deh, bisi terbelalak oleh kecantikan mereka. Pada penasaran kan? langsung aja tonton karya 1/4, syob. Jangan lupa untuk terus menghargai dan mengapresiasi karya bro, nggak lupa warga kreatif juga untuk terus berkarya. Cheers!

                                                                              

Twitter: @satuperempat_

Instagram: instagram.com/satuperempat

Soundcloud: soundcloud.com/satuperempat

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *