Press "Enter" to skip to content

PK (2014): Pembuka Mata Isu Agama

PK? Penjahat Kelamin? Pedagang kolor? Atau Peyeum kadaluarsa? Bukaaaan. PK adalah film Bollywood yang diproduksi oleh Rajkumar Hirani Film. Hah? Bollywood? Serius Ren? Teuh yah, da kalian mah suka rasis, bahkan sampe ke film segala. Awalnya saya juga penasaran sama film ini, kok, ini film India tayang ya di bioskop Indonesia. Emang ada yang mau nonton? Jangan salah, pasarnya ada, lho. Stereotype film India adalah drama yang lebay dan selalu ada nyanyian dan tarian disepanjang film. Bener, tapi kalo ceritanya bagus gimana ayo? Inget film 3 Idiots yang rilis tahun 2009? Itu juga surprisingly menawarkan cerita yang tidak biasa namun luar biasa.

OK, kembali ke PK, beruntunglah bagi mereka nonton film in di bioskop. Kenapa? Karena saya menyesal nggak nonton di bioskop. Ya karena saya mindset saya terhadap film Bollywood masih sama kaya kalian. Getek, lah, kampungan, lah, tapi film ini membuktikan bahwa mindset saya salah. PK (Aamir Khan) adalah seorang alien yang berkunjung ke bumi dan kehilangan remote control U.F.O.-nya yang dicuri oleh maling setempat. PK sama sekali nggak punya pengetahuan apapun tentang bumi dan harus berjuang mencari remote control-nya untuk segera pulang ke planet asal. Dalam pencariannya, PK menemukan konsep Tuhan yang senantiasa membantu umatnya melewati segala masalah hidup. Tapi masalahnya, PK menemukan begitu banyak konsep Tuhan dengan berbagai rupa, cara ibadah dan segala budayanya. Petualangan PK mencari Tuhan ditemani oleh Jaggu (Anushka Sharma), seorang jurnalis yang jengah melihat isu-isu agama dipakai orang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan pribadi semata.

Jadi apa yang bikin film ini keren? Dengan tema ‘mencari Tuhan’ film ini menyuguhkan dialog yang berani nyentil soal area-area sensitif soal keagamaan. Isu seperti ‘agama warisan’, bisnis yang mengatasnamakan agama, dan sekte-sekte sesat bakal habis ‘ditelanjangi’ oleh celetukan PK. Suara-suara hati kecil ketika kalian denger isu tentang agama tapi nggak berani kalian keluarin tuh terwakili dengan sempurna lewat film ini.

Terus apa hubungannya alien sama agama? Justru itu jeniusnya film ini. Agama itu begitu universal dan personal pada saat yang bersamaan. Budaya membentuk kita untuk menjaga agama dalam kotak yang sakral. Begitu sakral sehingga sangat sensitif jika orang lain ‘usil’ terhadap suatu agama. Menghindari polemik itu, Rajkumar Hirani dengan jenius membedah soal isu ini dari sudut pandang seorang alien. Sebuah entitas dari luar bumi yang nggak terikat pada sebuah agama dan budaya tertentu. Kalian tentunya dengar kabar penyanderaan di Australia dan Perancis dengan motif agama belakangan ini. Segala pendapat, baik dari umat seagama dan beda agama akan menimbulkan banyak reaksi yang tidak terduga dan dapat menimbulkan perpecahan. Itulah gambaran besar pesan yang ingin disampaikan film ini.

Kejeniusan lain film ini adalah tema besar yang begitu sensitif bisa dibungkus dengan manis lewat plot drama yang baik dan komedi yang begitu kental. Dan karena ini film Bollywood, kalian pasti akan ketemu sama joged dan nyanyi. Lumayan, lah, itung-itung break dari dialog jelimet yang lucu sekaligus menyentuh sanubari (ciegitu). Jangan tersinggung pas nonton film dengan gaya satir seperti ini karena pada hakikatnya agama manapun selalu berorientasi pada satu kebenaran dan kebajikan yang mutlak. Pada akhirnya kita sebagai umat beragama yang harus selalu memperdalam ajaran agama dan membuka pikiran seluas-luasnya terhadap semua kebaikan.

 

_______________________________________________

Sutradara :  Rajkumar Hirani

Penulis Naskah : Rajkumar Hirani

Durasi : 153 Menit

Genre : Comedy, Drama, Fantasy

Actor : Aamir Khan, Anushka Sharma, Sanjay Dutt

 

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *