Press "Enter" to skip to content

Perayaan Ulang Tahun ZAGGLE GRIFF di Konser “Rebellious Patriotism”

Bulan November merupakan bulan yang identik dengan tema kepahlawanan. Kenapa? Yaa, karena Hari Pahlawan Nasional jatuh di bulan ini. Tema tersebut juga dipakai oleh Zaggle Griff untuk konser tunggal mereka yang bertajuk Rebellious Patriotism. Acara tersebut diadakan di Auditorium IFI pada Jum’at (7/11) malam.

Acara yang sempet molor sekitar 2 jam ini berlangsung dengan saat intim. Karena para penonton yang datang walaupun nggak terlalu banyak, tapi terlihat sangat menikmati penampilan dari Zaggle Griff selaku empunya konser. Menurut saya mah, acaranya jadi lebih mirip private gigs, sih, dibanding konser.

Zaggle Griff membuka penampilannya dengan permainan musik noise dari sang additional keyboardist yang kemudian disusul dengan suara saxophone dan juga masuknya seluruh personil secara utuh. Pada set penampilannya, band yang sudah mengeluarkan sebuah album ini mengajak kolaborasi beberapa musisi lain, seperti para mahasiswa jurusan Seni Musik UPI, Sheila yang merupakan kakak dari sang drummer, dan juga Iyay seorang pemain harmonika yang merupakan suami dari Sheila. FYI, teteh yang jadi backing vocal sama yang maen violin gareulis siah ih. Aslina. Bikin salah fokus aja.

Kesyahduan.
Kesyahduan.

Zaggle Griff membawakan beberapa tembang andalannya dari album Cold Sun, yaitu Never Find That Door, Dark Side of You, Corner Hill, dan beberapa tembang enak lainnya. Pas ngebawain You Can’t Be Told, Zaggle Griff kolaborasi sama Sheila dan Iyay. Sheila pada malam itu pake setelan serba hitam mulai dari topi, dress, syal sampai mic-nya pun warna hitam. Kvlt banget lah pokoknya mah. Hasil kolaborasi mereka cukup layak menjadi sorotan, paduan antara musik khas Zaggle Griff, suara merdu dari Sheila dan permainan harmonika yang ciamik dari Iyay bikin para penonton nggak bisa lepasin mata mereka dari panggung. Keren pisan pokoknya mah.

Setelah dilanjut dengan membawakan lagu Father In Nowhere Land dan juga Corner Hill, penonton dikejutkan dengan kehadiran Iyo Pure Saturday yang nyanyi bareng Zaggle Griff. Kolaborasi yang patut ditunggu ini mah. Dengan pembawaannya yang santai dan juga atraktif, Iyo berhasil membawa suasana menjadi lebih intim dengan mengajak para penonton buat nyanyi bareng. Lagu yang dibawain sendiri, sih, merupakan lagu cover dari jaman 90’an. Duh saya lupa judulnya apaan, keasikan sing along. Huft.

Art Exhibition yang kece.
Art Exhibition yang kece.

Di konser Rebellious Patriotism ini selain ada gelaran musik, ada juga semacam art exhibition di sebuah ruangan yang berisi berbagai artwork yang merespon tema Rebellious Patriotism dan juga merespon musik dari Zaggle Griff. Tercatat ada beberapa nama seniman muda yang ikut berkolaborasi, seperti Isdam Artahadena, Reswan Dwiantara hingga komunitas yang digagas oleh Iyo Pure Saturday, yaitu Brushbrothers.

Oh iya, selain itu para penonton juga dikasih sebuah goodie bag yang berisi poster, gelang, postcard dan juga sebuah katalog artwork. Pada kesempatan ini juga Zaggle Griff meluncurkan merchandise hasil kolaborasi dengan Infamous Classic. Alus siah kaosnya teh, pengen beli tapi dompet lagi totos. Heuheu. Emaap curhat. Konser yang diorganisir oleh Super Music.ID ini juga merupakan perayaan dari ulang tahun Zaggle Griff yang ke-5, lho. Pokoknya mah selamat ulang tahun dan sukses terus Zaggle Griff!

Foto : Ade Bambang