Press "Enter" to skip to content

Pemanfaatan Beton yang Kreatif oleh “CONTURE”

Coba sebutkan, beton itu bisa dijadikan apa aja? Hmm, gedung perkatoran, jalan, dan rumah, ya? Udah? Kalau furniture dalam rumah, tapi dari beton? Nah, ternyata di Bandung itu bener-bener dihuni sama warga kreatif! Serius, nih, kalian belum kenal sama Conture Indonesia? Mereka adalah anak-anak kreatif yang menggabungkan sisi lain dari beton dan sentuhan keilmuan menjadi produk berbahan beton yang menarik.

Conture sendiri diambil dari kata Concrete (beton) Furniture. Di dalamnya ada 4 cowok macho nan ketje, yaitu Febryantri, Edo, Afif dan Dyanjing. “Awalnya, tugas kuliah, sih. Pertama, gue sama Edo. Sebenernya emang buat ngerjain tugas, materinya bikin mebel gitu,” kata Febryantri yang emang kuliahnya di jurusan Desain Produk, di salah satu Universitas Swasta Bandung.

Setelah mereka susah payah nyari material untuk ngerjain tugasnya, tau-tau udah di Lembang dan nggak sengaja menemukan Industri beton. Pas mereka ngajak kolaborasi sama tugasnya yang bermaterikan mebel, eh, yang punya Industri beton itu mau, dan juga di accept sama dosen si pemberi tugas. Gaya euy si eta!

“Gue dan Edo, jadi pengen lanjut ke TA (Tugas Akhir. RED) biar gampang karena datanya udah lengkap,” tambah Febryantri. Nah, dari situ, mereka ternyata lanjutin ke arah yang lebih serius dalam dunia furniture dan per-beton-an, dibantu Dyanjing dan juga Afif. Afif itu, lho, vokalisnya Mustache and Beard. Abang-abang ganteng ini udah melakukan berbagai macam percobaan. Sama aja kayak masak masakan, bahannya diracik sesuai kebutuhan. Meracik bahan beton supaya kuat, dan memberi tekstur sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Conture sendiri mulai serius dari tahun 2010, mereka mulai riset, mulai cari tau beton lebih banyak lagi, dan mulai cari referensi dari manapun. Alhasil, barang keren, lucu, imut, dan gemezin pun dihasilkan. Mulai dari meja dan kursi, yang dipadu dengan kayu sehingga terlihat manis, kursi outdoor, jam meja yang terbuat dari beton ringan, asbak, tempat alat tulis, dudukan flashdisk, hang lamp (lampu gantung), pot bunga, dan satu yang unik, yaitu tatakan gelas. Iya dari beton juga, tapi ada yang spesial, nih. Kalau si gelas diisi air es dan mengembun, air yang netes ke tatakan gelas bakalan berubah jadi.. Rahasia. Beli aja sana, terus cobain. Nggak ketang.

Oh iya, nggak cuma berkarya itu aja, lho. Mereka juga sedang bereksperimen membuat jam tangan! Dari beton? Iya, beton. He!? Kalian pasti bertanya-tanya, barang-barang kecil yang mereka buat, bakalan pecah nggak, ya? Yakali, kalian mau barang selucu itu dibanting? Nggak, kan? Beda lagi sama meja dan kursi yang berdimensi besar, mereka tanam rangka besi biar kokoh dan kuat.

Unik, keren, dan juga kepikiran banget, sih, bikin beginian dari beton. Dan bukan cuma beton yang identik berwarna abu-abu, ternyata bisa juga, lho, diberi warna. Lucu xoxo. Pantengin aja terus mereka, yang bakalan membuat berbagai macam furniture dalam rumah, atau apapun dari beton. Mereka udah banyak mengikuti berbagai macam pameran di Bandung dan juga Jakarta.

____________________________________

Facebook: facebook.com/contureindonesia

Instagram: @contureindonesia

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *