Press "Enter" to skip to content

Pandai Besi Rilis Video Klip Terbaru, “Jalang”

Asiiik ada kabar baru, nih, kalau Pandai Besi udah merilis video klip baru. Saya jadi seneng. Pada tau kan siapa mereka? Mereka itu adalah semacam alter-ego dari Efek Rumah Kaca yang vakum karena salah satu personilnya sakit. Sedih. Kolektif musik beranggotakan Cholil (Gitar/Vokal), Akbar (Drum/Vokal Latar), Poppie (Bass/Vokal Latar), Andi Hans (Gitar), Muhammad Asranur (Piano), Agustinus Panji Mahardika (Terompet), Irma Hidayana, Nastasha Abigail dan Monica Hapsari (Vokal Latar). ini merilis video klip yang diambil dari album Daur Baur, yaitu Jalang.

Video klip ini dikerjakan oleh Tromarama, sebuah unit video asal Bandung yang juga pernah menangani video klip dari Seringai dan RNRM. Ah, pasti keren banget ini mah. Ada satu hal yang cukup menarik, walaupun Tromarama ditunjuk langsung buat ngerjain video klip-nya, tapi buat masalah pemilihan lagu, ternyata Pandai Besi ngasih kebebasan sama Tromarama buat milih sendiri, lho. Alasannya sih simple, yaitu agar si pembuat video memiliki kedekatan emosional yang lebih kuat dengan lagu yang mereka pilih sendiri. Dan pilihannya jatuh kepada lagu Jalang.

“Lagu Jalang mengingatkan kami dengan puisi Chairil Anwar, AKU. Kami rasa ini persoalan klasik yang tidak akan pernah selesai dan akan terus ada. Kami sendiri juga punya pengalaman personal bagaimana perbedaan bukannya menjadi berkah malah jadi masalah.”, kata Tromarama lewat siaran pers. Pada video klip ini Tromarama berusaha menerjemahkan melodi dan syair lagu kedalam bentuk visual yang sarat dengan pesan tersirat.

“Kami mau cerita bagaimana sebuah teritori berusaha dipertahankan disaat bersamaan terus diperluas lewat reproduksi. Teritori disini bukan hanya dalam pengertian geografis tapi teritori dalam artian keyakinan, ideologi dan nilai. Pistol-pistol mainan buat kami seperti keyakinan itu sendiri. Sebagai pegangan untuk terus bertahan sekaligus sebagai alat perlawanan.”, lanjutnya.

Setelah di video klip sebelumnya, yaitu Laki-Laki Pemalu, kita bisa liat mz Cholil yang secara mengejutkan nari-nari ala balerina, kira-kira ada kejutan apalagi yaa yang disiapin Pandai Besi di video klip kali ini? Udah di-spoiler tuh, katanya berkaitan sama pistol mainan. Sok pada mikir dulu, tapi jangan kelamaan, nanti malah mikir jorok lagi. Heu. Eh, yaudah ketang daripada jadi dosa, sok pada langsung aja nonton nonton video klip-nya. Hehe.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=k3WKQdJwIJ0&w=560&h=315]

Twitter : @pandaibesi_ID