Press "Enter" to skip to content

Pameran “JACKPOT” Suguhkan Karya yang Santai

Udah bukan hal aneh deh kalau di Bandung banyak pameran yang patut kita datengin. Salah satunya, pameran JACKPOT yang diadakan di Roemah Seni Sarasvati, Jalan Jendral Sudirman No. 137 Bandung. Trio Muharam dan Addy Debil (WHOP.) menjadi tuan rumah pameran ini. Sebagai street artist, mereka mengadakan pameran yang nggak terpatok sama deadline khusus atau karya yang pembuatannya cermat, apalagi terkurung dalam satu konsep. Makanya tajuk yang pas pisan sama karakter mereka tuh, ya, JACKPOT.

Usut punya usut, nih, mereka meminta bantuan Rumi Siddharta untuk jadi kuratornya, dan emang nggak butuh waktu lama, kurang lebih 3 bulan akhirnya pameran ini dibuka deh! Tepatnya hari Jum’at (12/12) kemarin. “Setelah pintu ini dibuka, di sini tempatnya dan waktunya kalian untuk berkomentar, mencaci, menghina, memuji, dan lain-lain untuk karya kita,” kata Trio Muharam setelah pamerannya resmi dibuka.

ss
Sambutan dulu atuh biar afdol.

Kesan pertama waktu masuk ruang pameran bener-bener surprise. Unsur street art-nya dapet, sederhana dan enak. Banyak kata-kata seni abad ke-19, misalnya “kemenangan yang tidak disangka-sangka dalam meja judi, target yang harus diraih, muntah karena aliran darah terlalu terpenuhi alkohol“. Dan kata-kata itu mampu tervisualisasikan di JACKPOT, santai, tapi takjub sekaligus seneng aja liat hasil karya mereka.

Memang nggak perlu diragukan lagi, sebagai urban artist pastinya mereka menampilkan karya yang menceritakan kondisi kota dan masyarakatnya. Ada dua unsur dalam pameran ini, yaitu “Humor” dan “Keakraban” yang menggambarkan perbedaan dari kedua seniman ini. “Humor” diambil dari karya Addy yang banyak mengangkat tokoh-tokoh visual, sedangkan “Keakraban” yang menjadi harapan mereka berdua untuk apresiator dalam pendekatan karyanya. Bahkan kalian bisa liat karyanya secara up to date di akun Instagram mereka masing-masing.

d
Kenapa rame gini, sih!?

Opening kemarin juga dimeriahkan sama musik dari Marabunta, Zefier, Partang and The Fellas dan Colorfast. Buat kalian yang penasaran, dateng aja langsung ke Roemah Seni Sarasvati. Acaranya berlangsung selama 7 hari, kok, sampai tanggal 19 Desember 2014. Duh, jangan sampai kelewatan deh. Oh ya, jangan lupa juga buat hadir di Ngoepi Sore, tanggal 17 Desember 2014, bakal ada diskusi tentang karya mereka, lho. Gratis, kok! Sampai jumpa di sana, ya, warga kreatif. Salam sayang dari Kang Emil.

Foto : Ayu Jessy

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *