Press "Enter" to skip to content

Nongkrong Jadul ala “Warung Kopi Purnama”

Nongkrong sambil ngopi kayaknya udah mainstream yah. Tapi kalau ngopinya di tempat nan bersejarah pastinya punya kesan tersendiri, cie gitu, tsah. Nah, kemarin aku ulin, nih, ke Warung Kopi Purnama di daerah Banceuy. Warung ini udah berdiri dari tahun 1930, jadi selain bisa nongkrong dan ngopi, aku juga bisa sambil belajar sejarah, seketika aku pinter. Luar biasa!

Sewaktu ada di warung ini, langsung berasa ada di jaman dulu gitu, soalnya tempatnya masih dengan desain interior yang klasik alias jadul. Pas mau nanya-nanya tentang sejarah warung ini, kebetulan pemilik sekaligus pengelolanya lagi nggak ada. Kecewa deh. Tapi tenang, ternyata di kertas menunya juga diceritakan tentang sejarahnya, nggak jadi kecewa deh. Asik, aku bahagia haha.

Warung Kopi Purnama ini memang ada sebelum Indonesia merdeka, dulu namanya Chang Chong Se. Tahun 1966 baru deh diganti jadi Warung Kopi Purnama dan saat ini udah dipegang oleh generasi ke-4! Bilang wow ah, WOW! Pendiri pertama warung ini adalah Yong A Thong yang berasal dari Medan, tapi pindah ke Bandung pas abad 20an.

Dulu nih, pas aku belum lahir pastinya, Warung Kopi Purnama ini juga dijadikan basecamp buat orang-orang Tionghoa yang ngedengerin siaran langsung sepak bola lewat radio. Cie pada nongkrong, asik nih. Oh iya, saking nge-hits-nya warung ini juga masuk buku berjudul Ieu Bandung Lur! sebagai bagian dari 200 ikon Kota Bandung yang diluncurkan untuk memperingati ulang tahun Kota Bandung yang ke-200 tahun. Hebat yah! Kalau pada nanya kenapa warung ini bisa awet pisan, soalnya, nih, mereka tetap mempertahankan resep asli, kualitas, dan suasananya. Tuh, warung aja bisa awet, masa hubungan kamu nggak, ehm.

Menu yang ditawarin lengkap, lho, nggak hanya kopi-kopian aja, mulai dari makanan berat, dessert, juga ada di sini. Untuk kesempatan kali ini, aku pesen es kopi yang harganya Rp14 ribu dan lumpia yang harganya Rp16 ribu. Rasa kopinya emang sedikit pahit, soalnya kan mempertahankan cita rasa, tapi lumpianya beuh, enak! Aku mau lagi! Oh iya, pemberitahuan aja, warung ini cuma buka sampai jam 6 sore, jadi jangan kelewatan yah. Kebetulan aku ke sana pas pengunjungnya udah mulai sepi, maklum aku dateng sore, kan pagi sampai siangnya kuliah buat meniti masa depan sama kamu kelak. Pret.

Ih nggak bakal nyesel nongkrong di Warung Kopi Purnama soalnya kamu bisa cobain cita rasa kopi ala-ala jaman dulu. Siapa tau mau ngopi bareng aku? Yuk! Da akumah mau wae.

________________________________

Warung Kopi Purnama
Jalan Alkateri No. 22
Phone : (022) 4201841
Open : Everyday 06.30 am-18.00pm
Email : warungkopipurnama@gmail.com