Press "Enter" to skip to content

Nambah Ilmu Sambil Nonton Konser di “Music Festifile 2015”

Keberadaan media sosial sangat berpengaruh terhadap pola distribusi ataupun promosi dari para musisi. Para musisi tersebut tinggal mengunggah materi lagu mereka ke berbagai media sosial yang memang dikhususkan untuk musik, seperti soundcloud, reverbnation, purevolume, sampai myspace. Untuk kemudian disebarkan lagi melalui twitter, facebook, instagram, path dan yang lainnya. Melihat fenomena pemanfaatan teknologi yang seperti itu, Komunitas Musik Fikom (KMF) Unpad membuat acara festival musik media sosial bertajuk Music Festifile.

Music Festifile ini mulai digelar semenjak tahun 2014 kemarin, berhasil menyedot berbagai musisi berbasis online yang berada di sekitaran Bandung dan Jabodetabek. Berharap mengulang kesuksesan tersebut, KMF mengadakan lagi Music Festifile di tahun 2015 ini dengan tema Love is In The Cloud.

Gelaran Music Festifile 2015 pada Sabtu (28/2) ini dibagi menjadi dua acara, yang pertama adalah seminar mengenai Indie Label Meets Netlabel yang diisi oleh Angkuy Bottlesmoker dan Marine Ramdhani dari FFWD Records, seminar How to Write a Love Song yang menampilkan pembicara Deugalih. Kemudian yang kedua adalah konser musik yang pengisinya diseleksi dari para musisi yang telah mengirimkan karyanya kepada KMF.

Neng, boleka aa memadu rasa bersama neng?
Neng, boleka aa memadu rasa bersama neng?

Bertempat di Loop Station, acara seminarnya diadakan di dalam ruangan yang dimulai sejak pukul 13.30, dan konsernya diadakan di pelataran parkirnya pada pukul 16.00. Seminarnya berjalan seru, dengan peserta yang nggak terlalu banyak, tapi semua pesertanya terlihat antusias banget sama materi yang dipaparkan sama para pembicara.

Sekarang saya jadi tau kalau ternyata label konvensional dan juga netlabel itu nggak saling bersaing, malah saling mendukung. Terbukti dengan label konvensional yang sudah mulai mengadaptasi konsep dari netlabel, begitu juga sebaliknya. Selain itu pengetahuan saya juga bertambah soal gimana caranya bikin lagu bertemakan cinta. Ah, ens pokoknya mah, bisa dipraktekin nanti buat bikin lagu buat si do’i. Iya, nanti, da sekarang mah nggak ada. Sedih. Tapi lumayan lah yaa, dapet materi yang nggak bakalan ada di bangku kuliah, diisi sama para sebagay di Bandung, gratis pula.

Paan tuh mz? Talenan? Hheu.
Paan tuh mz? Talenan? Hheu.

Karena hujan sempat turun, acara konser musiknya sempat tertunda beberapa saat, tapi nggak begitu mengganggu kelancaran acara, kok. Konser musik Music Festifile ini diisi oleh beberapa band yang terkurasi, mereka adalah Circarama, Casskablanska, Walrus, The Bluestramp, Joy Invasion, dan Mocha Addict, serta bintang tamu, yaitu Zealspeaks dan Vincent Vega. Malem minggunya diisi dengan nonton band-band ciamik. Nggak nyesel, deh, datang ke acara Music Festifile 2015 ini. Jadi nggak sabar buat nunggu gelaran berikutnya di tahun 2016 nanti, pokoknya mah sakses terus buat KMF!

_________________________

Twitter : @musicfestifile

Foto : dok. KMF

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *