Press "Enter" to skip to content

Monkey to Millionaire Resmi Merilis Album “Bipolar”

Sudah familiar dong sama Monkey to Millionaire? Kalau yang tiap denger nama band alternative rock asal Jakarta tersebut selalu inget LA Light Indiefest, hampir dipastikan kamu hapal karya-karya mereka sejauh ini. Tepat pada Selasa (15/1) lalu, Monkey to Millionaire secara resmi merilis Bipolar, yang berdasarkan pencatatan sipil di kecamatan merupakan album penuh mereka yang ke-4.

Nggak usah terkejut, toh sejak akhir tahun 2018, Monkey to Millionaire sudah kasih bocoran lewat perilisan video klip untuk dua lagu yang masuk dalam album, “Envy” dan “Ego“. Khusus untuk “Envy, sedikitnya membawa saya kembali mengingat karya awal mereka berjudul “Queen“, dan sedikit nuansa yang terasa di mini album Strange is The Song in Our Conversation. Entah kenapa, kangen kali ya. Meskipun begitu, mereka menegaskan bahwa album ini berbeda dari rilisan-rilisan sebelumnya, makanya dikasih nama bipolar.

Materi Bipolar merupakan cerita dari dosa-dosa pokok penyebab dan kebiasaan buruk, dituangkan dalam penamaan judul tiap lagunya; “Ego“, “Envy“, “Glutony“, “Lust“, “Sloth“, “Greed“, dan “Wrath“. Seven deadly sins alias tujuh dosa mematikan, menjadi tema yang diusung. Diksi-diksi khas Wisnu Adji (vokal, gitar) kembali mengisi baris lirik, yang kali ini ia kendalikan sepenuhnya. Sementara Aghan Sudrajat (bass) bertanggungjawab pada produksi audio mixing.

Pada rilisan ini, Monkey to Millionaire membawa kembali karya lama berjudul “The Great End” yang dijadikan bonus track, dengan kemasan baru tentunya. Membuat saya mengingat lagi lagu-lagu mereka macam “Independent Song” dan “Radio“.

Monkey to Millionaire sebelumnya sudah mengeluarkan tiga album penuh; Lantai Merah (2009), Inertia (2013), dan Tanpa Koma (2017), serta dua mini album; Monkey to Millionaire EP (2006) dan Strange is The Song in Our Conversation EP (2010). Dan album Bipolar adalah bukti bahwa musikalitas mereka terus berkembang. Buat kamu-kamu yang di Bandung, sambangi Bhang Records untuk mendapatkan album fisiknya. Buruin beli.

_________________________

Instagram: instagram.com/monkey2mill

Comments are closed.