Press "Enter" to skip to content

Mobile Suit Gundam the Origin I: Nostalgia Lahirnya Gundam

Kalau kamu ngaku suka sama robot-robot Jepang, bohong banget kalau sampai nggak tau sama yang namanya Gundam. Iya, Gundam adalah salah satu serial animasi Jepang yang paling terkenal di dunia. Sampai sekarang, sudah ada ratusan episode televisi dan film Gundam. Namun, sebagai penggemar Gundam sejati, kamu pasti tahu awal dari serial ini. Ya, serial Gundam yang pertama kali mengudara adalah Mobile Suit Gundam. Sederhana saja judulnya, tanpa embel-embel. Dengan tokoh utama Amuro Ray dan rivalnya Char Aznable.

Sebenarnya, jalan cerita dari Mobile Suit Gundam yang asli -yang diputar tahun 1979- di Jepang bisa dibilang salah satu yang terbaik dari seluruh serial Gundam yang pernah ada. Konflik politik dan tragedi karakter-karakternya mampu membangun kesatuan cerita yang sangat kuat dan membekas di ingatan. Namun, karena teknik animasi di zaman itu bisa dibilang masih ‘seadanya’, penyampaian ceritanya nggak bisa maksimal. Kasarnya, sudah males duluan sebelum mengikuti ceritanya karena gambarnya jelek.

Nah, untungnya, Studio Sunrise mau berbaik hati dengan menceritakan kembali kisah Gundam melalui sebuah adopsi dari manga yang berjudul Mobile Suit Gundam the Origin. Manga yang terbit dari tahun 2001-2011 ini menceritakan kembali anime Gundam di tahun 1979 dengan jalan cerita yang lebih rumit dan emosional. Studio Sunrise mengadopsi manga ini menjadi sebuah OVA (Original Video Animation) yang secara luar biasa ikut diputar di beberapa studio Blitz Megaplex Indonesia! Sebagai seorang penggila Gundam, tentunya ini adalah kesempatan yang langka dan luar biasa.

Mobile Suit Gundam Part I ini menceritakan kisah kejatuhan keluarga Deikun, yang diawali dengan kematian sang pemimpin, Zeon Zum Deikun. Adegan pembukanya sendiri cukup bikin merinding. Menceritakan tentang kegesitan Char Aznable, si “Komet Merah”, dengan Zaku-II custom miliknya menghancurkan sebuah armada kapal induk. Setelah adegan spektakuler selama beberapa menit tersebut, cerita kembali flashback ke zaman ketika Char Aznable masih seorang bocah dan masih menggunakan nama aslinya, Casval Rem Deikun. Film ini banyak membuat tentang flashback itu, diawali dari kematian ayah dari Casval, Zeon Zum Deikun, serta bagaimana ia dan adiknya, Artesia Som Deikun ditampung oleh keluarga Ral yang kelak membesarkan mereka.

Diceritakan juga bagian awal bagaimana Keluarga Zabi mulai mengkudeta kepemimpinan keluarga Zeon dalam mendirikan the Principality of Zeon, sebuah organisasi yang memperjuangkan kemerdekaan bagi orang-orang yang hidup di luar angkasa. Kalau kamu mengikuti serial Gundam yang pertama ini, pasti kamu sudah mengenal nama-nama seperti Kycilia Zabi, Degwin Sodo Zabi, Dozle Zabi, Jimba Ral, Ramba Ral, Lady Hamon, dan banyak karakter-karakter lainnya. Inilah karakter-karakter yang banyak berperan di dalam film ini. Selain itu, banyak juga karakter-karakter legendaris yang muncul sebagai cameo, seperti Garma Zabi, The Three Black Stars –Gaia, Ortega, dan Mash- , juga easter eggs seperti stiker yang ditempelkan di box tempat Casval bersembunyi yang menggambarkan pameran guci, ini mengacu kepada salah satu karakter Gundam lama, Komandan M’Quve.

Jalan ceritanya sendiri cukup menguras emosi. Nggak kayak film Gundam lain yang kebanyakan mengedepankan pertarungan antar robot raksasa, film ini malah banyak mengedepankan konflik politik dan drama di keluarga Zabi, Ral, dan Zeon. Karena itu, bagi saya film ini mungkin dapat dinikmati oleh orang-orang yang bukan fans dari anime ber-genre mecha. Selain itu, banyak juga diselipi komedi-komedi ala anime modern, yang biasanya dikomandoi oleh keanehan-keanehan yang dilakukan oleh Dozle Zabi.

Bagi saya, satu-satunya kekurangan dalam film ini adalah durasi yang hanya kurang lebih 60 menit, agak rugi juga nggak sih nonton film 1 jam doang di bioskop?

________________________________________________

Mobile Suit Gundam the Origin I: Blue Eyed Casval

Produser: Sunrise, Ichiro Itano

Sutradara: Takashi Imanishi

Penulis: Yoshikazu Yasuhiko

Desain Karakter: Yoshikazu Yasuhiko, Tsukasa Kotobuki

Desain Mecha: Hajime Katoki, Kimitoshi Yamane, Mika Akitaka, Junichi Akutsu, Takuya Suzuki

Musik: Takayuki Hattori

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *