Press "Enter" to skip to content

Merespons Hari Down Syndrome Sedunia, Murphy Radio Rilis Double Single

Di tengah produktivitas band-band lokal belakangan ini, ada yang menarik perhatian lebih. Murphy Radio membawa kabar baik dari Samarinda, bertepatan dengan Hari Down Syndrome Sedunia, pada 21 Maret 2020 lalu. Semoga kalian udah pada tau ada hari peringatan itu.

Cukup lama kita nggak mendengar karya anyar dari unit math-rock ini. Selepas rilisan mini album Naftalena (2016), single Last Lonely Giant (2017), serta album penuh bertajuk self titled (2018), kini mereka merilis double single, Autumn dan Sandy. Dua karya ini tentu saja terasa spesial, karena menjadi representasi mereka dalam melihat kondisi down syndrome yang dimiliki oleh sebagian orang. Angkat topi.

Autumn/Sandy dikemas ke dalam sebuah video musik apik yang diunggah melalui kanal YouTube, dengan mengambil setting di SLBN Pembina Samarinda dan melibatkan para muridnya. Dalam video musik tersebut ditampilkan aktivitas kegiatan sekolah, tampak selaras dengan dua lagu tersebut. Karakter musik khas dari Wendra (gitar) dan Aldi Yamin (bass) masih terasa; permainan bernas, melodi yang tajam, ditambah nuansa penuh semangat.

Komposisi double single ini juga terasa pas, Autumn menjadi lagu instrumental, disusul Sandy yang berjalan dengan memasukkan lirik sarat makna. “I had a vivid imagination… Adventure is always on my mind…” adalah salah satu potongan liriknya. Melalui lagu ini, mereka hendak menyampaikan bahwa peringatan ini selayaknya dirayakan dengan sikap yang luhur. Bahwa kita semua sama sebagai manusia.

“Awalnya kami sangat kesulitan dalam mewujudkan ide kami dalam video ini. Sampai kami dipertemukan dengan salah satu senior dalam skena musik Samarinda, Yadhie Jombank, yang kebetulan bekerja di SLB tersebut,” ujar Murphy Radio terkait proses pengerjaan, dikutip melalui siaran pers.

“Lalu kami dibantu untuk bertemu dengan pihak sekolah untuk menyampaikan konsep dan meminta izin. Di luar ekspektasi, ternyata Kepala Sekolah beserta seluruh staf menerima dan mendukung penuh kami untuk membuat video di sana,” lanjutnya.

Resa Alif dan Mademun dari ThreeAM Creative House bertanggungjawab pada proses teknis video. Sementara proses audio dikerjakan secara penuh oleh Arie Wardhana dari Backstage Studio. Okelah, mari khidmati Hari Down Syndrome melalui video musik ini, sambil menunggu kedua nomor ini hadir di berbagai platform musik digital.


Twitter: @murphyradio_

Instagram: instagram.com/murphyradio

Bandcamp: murphyradio.bandcamp.com

Foto: dok. Murphy Radio