Press "Enter" to skip to content

Merasakan Nuansa Piknik yang Berbeda di “Focal Point 2015”

Pada hari Minggu (30/8) kemarin ada sebuah acara ciamik bernama Focal Point 2015 yang diorganisir oleh teman-teman dari SBM (School of Business and Management) ITB. Apa sih Focal Point tuh? Jadi, Focal Point adalah sebuah acara yang menawarkan konsep piknik dan pertunjukan musik dalam waktu bersamaan. Asoy dong?

Berbeda dengan gelaran pertamanya yang diadakan di kawasan Taman Ganeca, Focal Point tahun ini diadakan di kawasan Bumi Sangkuriang, daerah Ciumbuleuit. Kebayang lah suasananya kayak gimana, kalau daerah atas mah pasti sejuk dan pemandangannya indah.

Karena emang konsepnya piknik, disini ada banyak stand-stand jajanan, diantaranya ada Juicide, Roti Gempol, Namex, dll. Tapi kalau kalian males ngider, panitia juga udah menyediakan paket-paket yang bisa kalian beli, termasuk alas duduk, juga bejibun makanan dan minuman. Pokoknya mah dienakin sama panitianya.

Sini-sini pada jajan ke stand Aa.
Sini-sini pada jajan ke stand Aa.

Kalau cuma piknik doang mah kapanpun juga bisa yaa, nah yang beda disini adalah kalian juga disuguhin berbagai penampilan ciamik dari band-band kenamaan seperti Littlelute, Mustache and Beard, Sore, Trees & Wild, Efek Rumah Kaca dan HiVi!. Dimulai sekitar pukul 14:00, penonton langsung menyebar di area rumput depan panggung buat nyari tempat paling cociks buat piknik.

Setelah berturut-turut dihibur oleh Littlute, Mustache and Beard dan Sore, panggung dibiarkan kosong sejenak pada waktu Maghrib. Setelah beres, Trees & Wild langsung naik panggung yang langsung disambut meriah oleh para penonton. Penampilan dari band yang dulu bernama The Trees and The Wild itu mencapai klimaksnya pada saat membawakan lagu Empati Tamako. Mereka sukses membius penonton dengan ambience post-rock-nya pada lagu tersebut yang saya taksir dimainkan selama kurang lebih 15 menit. Edan!

Ngaso dulu juragan~
Ngaso dulu juragan~

Kemudian dilanjut oleh penampilan dari Efek Rumah Kaca. Band yang sempat hiatus beberapa saat itu menjadi penampilan yang ditunggu oleh banyak penonton termasuk saya. Selain membawakan lagu-lagu dari album terdahulunya seperti Belanja Terus Sampai Mati, Sebelah Mata, Lagu Kesepian, Di Udara, dll., ERK juga membawakan lagu terbarunya yang berjudul Biru pada akhir penampilannya. Sayangnya permintaan penonton agar ERK melakukan encore tidak terkabul.

“Sampai jumpa di lain kesempatan, kalau masih pengen liat kita main, datang aja ke konser kita tanggal 18 September nanti”, ujar Cholil sang vokalis.

Penampilan Efek Rumah Kaca yang memukau.
Penampilan Efek Rumah Kaca yang memukau.

Pada akhirnya Focal Point 2015 ditutup oleh penampilan dari HiVi!. Walaupun berada di tempat yang sama selama kurang lebih 6 jam, tapi jujur saya nggak merasa bosen sama sekali. Selain karena emang suasananya enak, disana juga banyak berkeliaran dendie-dendie (dede-dede indie, RED) yang bikin betah. Hehe. Semoga di tahun depan acara Focal Point ini diselenggarakan lagi dan pastinya lebih meriah. Sukses terus buat temen-temen SBM ITB!

Foto: Jannisha R.D.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *