Press "Enter" to skip to content

Menyimak Oscar Lolang lewat Karya Personalnya, “Melodies”

Ketika mendengar kabar tentang rilisan anyar Oscar Lolang, kami cukup penasaran, cerita apa lagi yang bakal ia bagikan melalui musik. Setelah terkesima atas sekian single serta album Drowning in a Shallow Water (2017), kami rasa karya selanjutnya dari penyanyi sekaligus penulis lagu ini hanyalah agunan akan musik berkualitas.

Benar saja. Single terbaru berjudul Melodies yang rilis di tanggal 20 April 2020 menjadi pembuktian. Dirilis oleh Microgram Entertainment dan Believe Indonesia, dengan set full band ditemani The High Temples, lagu ini bercerita tentang perjalanan hidup Oscar Lolang, yang ia tampilkan dengan intens penuh pengharapan. Ledakan nan getir masih tampak di beberapa part tanpa memudarkan kesan khidmat.

“Ini barangkali lagu yang paling personal dariku. Lagu ini dibuat bukan untuk menceramahi, melainkan benar-benar murni tentang sebuah penggalan hidup, sebuah nukilan, yang baru bisa menjadi utuh ketika aku sampai di titik ini,” tutur Oscar.

Dikonfirmasi melalui siaran pers, Oscar mengatakan bahwa pengerjaan lagu ini tertunda cukup lama. Ya, nggak apa-apa. Bagaimanapun, waktu selalu tepat dalam menyiapkan masa. Dukungan instrumen violin dari Estu Hning, Andhika Mahesa dan Alan Davison pada gitar, Ananta Defta pada bass, Kevin Rinaldi di pos keyboard, serta mendiang Azhar Fareeza yang ikut mengisi part drum membuat Melodies terasa begitu megah.

Kami rasa, saat nanti lagu ini dibawakan secara langsung di atas panggung, ia mampu menciptakan rasa haru bagi pendengarnya, seraya menggumamkan bait “Don’t stop the melodies”, dan bagi beberapa orang akan memaksanya menangis sejadi-jadinya. Sekalipun ini karya personal.

Melodies melibatkan Adistia Pratayangsha pada proses mixing, Marcel James di proses mastering, Yoga Septira di bagian artwork, dan Farrisan Rahadian Danery selaku fotografer. Video lirik merupakan buah karya dari Dhiya Widya dan Wildan Sugara. Oscar juga menjadikan lagu ini sebagai penghormatan untuk mendiang Azhar Fareeza. Di penampilan live-nya nanti, selepas masa pengisolasian diri ini terlewati, Oscar Lolang akan ditemani formasi terkini The High Temples; Estu Hning (violin), Ananta Defta (bass), Esa Prakasa (gitar), Ditra Prasista (keyboard), dan Pramaditya Azhar (drum).

Teruntuk Boni Okobove, antropolog yang telah menggemakan suara marginal melalui mikrofon dan gitar, Melodies layak menjadi sebentuk ruang bagi kami para pendengar untuk lebih mengenal dirimu secara terang. Kamu sudah sampai di titik ini dan terima kasih banyak untuk itu. Dan seperti katamu, don’t stop the melodies!


Spotify: Melodies

Twitter: @OscarLolang

Instagram: instagram.com/oscarlolang