Press "Enter" to skip to content

Menyibak Kenangan di Balik “Petrichor”

Hujan kadang hadir untuk mendamaikan, menyibak kenangan, dan juga sebagai penyembunyi perasaan gundah. Lalu, setelahnya muncullah wangi khas hujan yang dapat membuat kita terinspirasi. Petrichor Artwork Exhibition merupakan kegiatan pameran yang diselenggarakan oleh Komunitas Hayok! Freeroom Art Discussion. Kegiatan ini bertempat di Tikalika Gallery, Jalan Bungur no. 37 Bandung, dan telah dilaksanakan dari tanggal 6-8 Februari 2015.

Hayok! Freeroom Art Discussion ini sendiri merupakan kumpulan dari anak-anak mahasiswa desain Universitas Telkom. Kegiatan ini merupakan acara puncak dari dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan sejak bulan November 2014, seperti Live Sketch di Balaikota Bandung, Mini Exhibition dan Workshop. Pameran ini juga merupakan pameran yang ke-2, sebelumnya mereka mengadakan pameran dengan tajuk Tac Tive+.

Galeri yang berwarna putih
Galeri yang berwarna putih.

Karya yang ditampilkan di pameran ini merupakan hasil kurasi dari seorang Rumi Siddharta. Kayaknya kurator satu ini lagi emerging sekali, ya. Dari 30 karya yang masuk, akhirnya yang berhasil show off di pameran ini ada 21 karya saja. Oh iya, artwork yang dipamerkan di mini exhibition-nya juga ditampilkan lagi, lho, di sini.

Menurut Faisal yang menjabat sebagai Ketua Pelaksana Acara, tujuan dari diselenggarakannya pameran Petrichor ini adalah untuk memperlihatkan persepsi dari para pemilik karya tentang bagaimana petrichor itu sendiri. Mengkaitkan dengan lingkungan terdekat kita dan bagaimana cara menikmati hal-hal sederhana, yang kadang terlewati oleh kita.

Rumi Siddharta, kurator lagi naik daun
Rumi Siddharta, kurator lagi naik daun.

Selain pameran, kegiatan lain yang berlangsung dari tanggal 6-8 Februari ini juga beragam. Mini talkshow dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) yang diwakili oleh Andi Rahmat dan juga mini talkshow dari Sanrok Studio yang mengangkat tema Mengulik Branding ala Sanrok Studio. Ada juga, nih, unjuk kebolehan dari tuan rumah, yaitu Live Sketch, Live Painting, & Artist Talk with Hayok!

Acara pameran emang nggak pernah lepas dari acara musik, karena akan ada yang salah kalau musik nggak ada. Band yang tampil di sini lumayan banyak, seperti Oversweet dan Lashava Coustic di hari pertama, FamesColorfast, dan Bla-caca di hari kedua, dan di hari ketiga ada Auroracoustic, juga guest star acara ini Akarsana & Suara.

Paduan gitar dan biola yang syahdu dari Auroracoustic
Paduan gitar dan biola yang syahdu dari Auroracoustic.

Buat yang nggak hadir, jangan sampai terlewatkan acara selanjutnya yang nggak tau juga kapan diadakannya. Pokoknya nggak nyesel udah hadir di acara ini, acaranya berlangsung sangat hangat dan menumbuhkan aura positif untuk berkreasi. Yok, Hayok! Kita berkreasi dan terus menginspirasi!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *