Press "Enter" to skip to content

Menikmati Musik Metal Dengan Santun di “Awakening Split Show”

Hore! Kabar segar bagi penikmat skena musik metal. Telinga kalian sesegera mungkin akan disegarkan oleh band baru, yang udah sangat siap bersaing di permusikan metal. Sabtu (30/8), Awakening Split Show menampilkan Amora Savage dan Spiral Spectrum. Bagi Spiral Spectrum, gelaran ini menjadi perkenalan mereka kepada publik. Sementara Amora Savage menjadikan gelaran ini sebagai perilisan EP mereka berjudul Resurrecting the Cursed Light. Selain mereka, turut main juga Resurrection, Teenage Outlaw, Nemesis dan Tarawangsa Pusaka Jaya.

Konsep acaranya unik, karena yang biasanya konser ataupun gigs metal dinikmati sambil moshing di atas tanah berlumpur, Awakening Split Show justru menggelarnya di ruangan Bale Rumawat, Unpad Dipatiukur. Penonton menikmatinya dengan duduk di kursi kayak kursi bioskop gitu. Ya, acara ini menunjukkan bahwa pertunjukan band metal juga bisa dinikmati dengan tenang dan sopan. Beberapa penonton yang mungkin terbiasa moshing hanya bisa mengekspresikan jiwa liarnya dengan angguk-anggukin kepala. Agak mirip sama pas menikmati musik post-rock, sih. Oh ya, gelaran ini sifatnya invitation only, jadi hanya beberapa media dan kawan-kawan dari Amora Savage dan Spiral Spectrum yang bisa hadir.

Nemesis
Nemesis

Acara ini menyajikan pertunjukan yang apik. Apalagi saat Nemesis tampil dengan sound yang madeppp, telinga kita mampu mendengar kualitas suara yang mendekati suara mp3. Setelahnya, giliran Tarawangsa Pusaka Jaya yang menyuguhkan pertunjukan menarik sekaligus agak mistis. Saat alat musik khas Ranca Kalong dimainkan, tiba-tiba muncul seseorang yang beraksi membungkus tubuhnya dengan kain merah, menutup mulutnya dengan lakban hitam, sambil mas-mas lainnya membacakan beberapa makna kebangkitan. Luar biasa. Penonton sambil dibuat bingung sama apa yang doi lakukan. Tapi keren.

Tanpa jeda, Spiral Spectrum lalu tampil, diawali intro dengan sangat agresif. Ini yang ditunggu-tunggu, dan Spiral Spectrum mulai memberi pencerahan tentang musik mereka kepada penonton yang hadir. Malam itu mereka membawakan 4 buah lagu, sampai akhirnya giliran penampil terakhir. Amora Savage! Band yang udah sejak lama meramaikan skena musik metal ini membawakan lagu-lagu yang ada di EP Resurrecting the Cursed Light. Gila. Udah nggak tahan pengen moshing ke depan. Tapi malu, bisi nggak boleh.

Semua pengisi acara pada ke stage.
Semua pengisi acara pada ke stage.

Awakening Split Show menjadi sebuah perkenalan kepada publik bahwa musik metal nggak pernah berhenti menghasilkan musisi-musisi segar, dengan munculnya Spiral Spectrum. Juga Teenage Outlaw yang baru terbentuk di awal tahun 2014. Semoga band-band yang tampil di gelaran ini bisa kembali main di panggung yang besar, biar para penikmat musik metal bisa menikmati musik mereka sambil moshing. Ditunggu.

 

Foto: Gama Maulana

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *