Press "Enter" to skip to content

Senangnya Menikmati Karya di Pameran “Inspire”

Pas Minggu (9/11) kemarin, saya bingung jalanan Bandung macet. Tadinya pengen main ke rumah mang Ocim di daerah Cingised, tapi malah kebawa arus konvoi bobotoh, sampai tiba di sebuah rumah enakeun sekitaran Jalan Sulanjana. Eh, itu kan Galeri Hidayat? Tapi kok rame, kayak lagi ada syukuran ibu-ibu yang baru dapet motor dari kopi ABC.

Taunya teh lagi ada pameran anak-anak DKV 2012 Universitas Telkom, namanya Inspire, dan diberi tajuk Dreamagination. Udah kebaca kali, ya, itu merupakan penggabungan dari dream dan imagination. Dan pameran ini berlangsung dari tanggal 7 sampai 9 November 2014. Pas saya ke sana, sih, lagi ada workshop bareng Mufti Priyanka, atau nama bekennya Amenkcoy, tentang poster menggunakan medium tinta cina. Minggu ceria nan syahdu, bener juga.

Eh di sana juga ada live painting, seru weh ningali batur cocoretan teh. Booth merchandise lucu juga ada, dari mulai artwork seukuran postcard sampai totebag. Yang paling seneng, sih, banyak banget stiker yang bisa kamu ambil seenaknya, sesantai kamu ngambil bendera partai politik di pinggiran Jalan Pahlawan. Dan ketika masuk ke dalam ruang pameran, saya terkesima. Banyak amat karyanya!

Ada live painting neeeh!
Ada live painting neeeh!

Tercatat ada 34 nama yang memamerkan karyanya di Inspire. Beberapa nama, sih, bikin karya kolaborasi. Yang saya suka mah karyanya Agung Syahrobi yang judulnya “Mimpi Itu Basah”, cuma gambar dua tangan yang timbul doang. Tapi da entah mengapa hati ini memilihnya. Selanjutnya ada karya Idan Firdaus, “Bisikan Mimpi”, yang memberimu visual menakutkan berupa gerak-gerik anak SD, yang jelasss we maksud dari gerakannya teh.

Satu lagi yang terba’aks menurut saya, yaitu karya A. Sobi Mutohari & Rayi Citha D yang dinamain “Dunia ; Ilusi Temporer”. Maksudnya, sih, ingin menjelaskan bahwa jiwa si “Aku” berasal dari suatu tempat, dan si “Aku” mau pergi ke tempat itu. Gitu deh. Tapi diliat dari gambarnya malah lebih mirip artwork cover depan majalah Hidayah. Serius. Liat aja, kata saya mah gitu.

Karya enak dari Sobi & Rayi.
Karya enak dari Sobi & Rayi.

Beruntung kalian yang sempat ke pameran Inspire. Meskipun keliatannya sepi yang dikarenakan orang-orang lebih milih konvoi gerang-gerung sambil buligir, tapi banyak banget yang menarik dari pameran ini. Karya yang terlihat jujur layaknya mahasiswa polos yang belum hapal ngerokok, dan bisaan memunculkan pesan dalam sebuah karya. Ditambah lagi keramahan panitianya, meski mereka nggak ngasih ID Line cewek idola kampusnya.

Perlu banget, sih, bikin pameran lagi. Kalau bisa agak lamaan dong waktu pamerannya. Kasihan yang pergi umroh pas berbarengan sama pembukaan pameran, terus pas pulang ke tanah air taunya udah beres. Becanda ketang, maap. Makasih Inspire! Sukses terus sampai nanti kopi ABC bikin undian berhadiah mie goreng double.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *