Press "Enter" to skip to content

Mengenang Pemilu di “Product Design Awards V”

Bandung lagi rutin dikunjungi hujan. Teman terbaik biasanya lagu sendu, dengan headset yang mati sebelah, sambil scrolling timeline dengan postingan teman yang ngaco. Buang-buang waktu. Tapi nggak bakalan gitu kalau tanggal 27-29 November kemarin kalian pergi ke Product Design Awards V, bertempat di Lawangwangi Creative Space. Saya ke sana, menembus hujan tanpa berpikir nanti celana dalem bakal basah atau nggak.

Product Design Awards adalah ajang pameran anak-anak Desain Produk Itenas, yang juga membuka sistem voting karya. Yang banyak di-vote, ya, yang menang award. Mungkin mereka merindukan sistem pemilihan langsung, yang sekarang udah tergantikan oleh pemilihan lewat DPRD. Gila, nasionalis banget anaknya. Kembalikan pemilu!

Selama 3 hari, pameran berlangsung seru dengan adanya talkshow dan music performance. Pada hari pertama, sih, cuma ada opening ceremony doang, yang berlangsung selama dua jam aja. Besoknya saya dateng lagi, dan lagi ada talkshow tentang “Desain dan Pasar” oleh Massicot dan Tuku Lawangwangi, serta talkshow “Industrial Sketches” dari Amirul Nefo, Jassem Husein dan Daniel Arisman. Seru, ruang galeri udah kayak ruang kuliah aja. Dapet ilmu tentang bikin sketch dari software pakai sejenis pulpen gitu. Canggih gini, ya, dunia hari ini!

Talkshow hari ke-2, padat!
Talkshow hari ke-2, padat!

Karya yang dipamerkan juga bikin kamu berasa inilah barang-barang yang bakalan nge-hits di masa mendatang. Produk-produk yang dipamerkan antara lain tempat perangkat kerja, tempat untuk tanaman, tas, sepatu, sepeda, kemeja, wadah berbahan keramik, dan banyak lagi. Berasa lagi di store gitu deh, tapi lengkap. Selengkap Ramayana Dept. Store. Wae~

Hari terakhir yang paling seru, sih. Selain ada talkshow “Aktualisasi Desain” oleh Irvan Noeman, ada juga penyerahan penghargaan Product Design Awards V, berlangsung menegangkan layaknya SCTV Music Awards yang dihadiri Sony Wakwaw. Makin lengkap dengan penampilan dari Embun, Art Performance 2014, After Ashar, Rice Cereal & Almond Choco, Under My Pillow, Okky Ade Chandra, serta band tuan rumah Mustache and Beard. Hmm enyak enyak.

swed
Kalung berkonsep kepompong, karya Norman Purnama Sidik.

Meskipun pamerannya bentrokan dengan acara sejenis (dan sama-sama berlangsung 3 hari), Product Design Awards V mampu menarik minat warga kreatif, dengan pameran yang dikemas berbeda. Ya namanya juga pameran, pasti dicari orang. Yang nggak dicariin mah mules. Suka tiba-tiba kerasa. Yaudah atuh, selamat aja deh buat para pemenang Product Design Awards V!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *