Press "Enter" to skip to content

Mengeksplorasi Imajinasi di Negeri Komik

Ada yang pernah baca komik “Imperium Majapahit” atau komik “Ramayana”? Kalau nggak, selamat! Kamu pasti masih muda, atau terlalu banyak baca komik dewasa. Nah, tanggal 22-23 Agustus 2014 kemarin, bertempat di Gedung Indonesia Menggugat Bandung, ada acara yang nggak kalah seksi dari karakter-karakter komik manga yaitu Negeri Komik.

Acara ini diselenggarakan oleh Komunitas C-Generation 2028 yaitu komunitas yang mengajak anak-anak muda untuk fokus pada konten-konten positif dan berbagi hasil kreativitas anak muda yang “gaul namun nggak amburadul”. Acara ini digelar di lima kota yaitu Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Jakarta, dan final day-nya di Bandung! Animo anak muda Indonesia sangat tinggi ketika ditantang membuak komik yang bertemakan karakter pemuda masa kini dan masa depan. Sampai ada 500 orang pendaftar. Gila, menyentuh angka 500! Dulu 500 perak udah bisa beli teh gelas di warung. Nggak nyambung, sih.

Pada asik ngobrol sambil manjain visual.
Pada asik ngobrol sambil manjain visual.

Gelaran di Bandung ini memamerkan 20 dari 500 karya komik yang diambil dari sosialisasi media online dan roadshow. Hari pertama acaranya yaitu presentasi dari para komikus sekaligus penjurian. Topik-topik komik yang diangkat nggak jauh dari kehidupan anak muda saat ini, seperti kecurangan ujian nasional, demo, korupsi, budaya, dan bahkan keripik singkong pedas pun diangkat.

Kebayang, kan, maicih sama karuhun lagi ngobrol-ngobrol gitu di komik. Pasti pedes-pedes garing unyu gitu lah. Ini menarik karena para komikus Indonesia udah berani bereksplorasi dengan topik-topik yang Indonesia banget dan nggak berorientasi ke komik barat maupun Jepang.

Koleksi komik keren yang jangan sampai punah.
Koleksi komik keren yang jangan sampai punah.

Hari terakhir, judging day! Hore. Di hari terakhir diisi oleh acara pameran pastinya, bazaar, games, pengumuman juara 1, 2 & 3, dan penampilan musik  dari Pidi Baiq juga, lho. Pokoknya acara ini kece abis, menginspirasi anak muda untuk lebih kreatif dan percaya diri. Yang muda yang berkarya!

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *