Press "Enter" to skip to content

Mendengar Kisah Kampung Kolase di Pameran Dokumentasi Kegiatan baur#1

Setelah jalan-jalan ke Kampung Kolase yang merupakan proyek baur#1 pada tanggal 14 Juni lalu, sebenarnya masih ada pertanyaan-pertanyaan yang ngeganjel di lubuk hati yang paling dalam ini. Kenapa sih? Ya, gimana enggak, sebenarnya kan saya penasaran banget nih. Kok bisa ya dalam sekejap blending sama warga dan sebenernya ada apaan, sih, di balik Kampung Kolase ini?

Ternyata pertanyaan saja terjawab oleh adanya Pameran Dokumentasi Kegiatan Kampung Kolase yang diadakan di Perpustakaan s.14 mulai tanggal 20 Juni kemarin. Lewat pameran ini, saya diceritakan tentang proses yang terjadi selama kegiatan baur#1 yang diadakan di Bantaran Sungai Cikapundung ini. Diceritain ama siapa tuh? Oleh foto-foto dan video yang bercerita di sana. Azek. Naratif dan dokumentatif sekali brur.

mengapa
Jasmerah men, Jangan Pernah Melupakan Sejarah!

Yang pameran kali ini, tentu bukan lagi warga Kampung Kolase, namun tim dokumentasi yang selama baur#1 ini udah berhasil merekam kehidupan warga dan proses selama workshop kolase kemarin. Siapa aja sih mereka? Ada Tim Rekam Rupa yang mendokumentasikan kegiatan ini lewat video dan fotonya. Lalu ada Henrycus Napit Sunargo melalui foto-fotonya. Nggak hanya disuguhi cerita lewat foto dan video, ada pula Ferri Ahrial yang bertutur lewat narasinya mengenai riset yang doi lakuin di Kampung Kolase, sehingga kita jadi tahu tentang timeline kehidupan warga Babakan Siliwangi sejak jaman dahulu kala.

Nggak hanya itu, untuk kalian yang ketinggalan Pameran Kampung Kolase dan melewatkan pamerannya bisa datang ke sini dan melihat karya-karya warga dipamerkan di ruang tengah perpustakaan ini. Selain itu, untuk yang nggak sempet nyaksiin video mapping karya Wayang Cyber pada acara pembukaaan Kampung Kolase kemarin bisa melihat video hasil karya Wayang Cyber ini di s14.

mengapa2

Oh iya, anyway, pameran ini hanya berlangsung sampai tanggal 4 Juli 2015. Untuk menutup serangkaian acara baur#1 ini, di tanggal 4 akan diadakan bedah buku Conversation Pieces bersama Aminudin Siregar dan bincang-bincang mengenai baur#1 bersama para pendukung acara baur#1, yaitu perwakilan warga, Rekam Rupa, narator, dan Akasia Adjo dari Komunitas Taman Kota. Jangan lupa datang dan menyambangi!

_____________________________________________

ba.ur (Bandung Art Understanding & Relationship)

Instagram: @baur.project

Website: www.ba-ur.net

S.14 Artspace & Library

Facebook: Perpustakaan S.14

Email: sosiologi14@gmail.com

Rekam Rupa

Instagram: @rekamrupa

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *