Press "Enter" to skip to content

Memperkaya Wawasan Fotografi di “Bandung Photo Showcase: Point of Departure”

Halo warga kreatif se-Bandung! Udah tau belum kalo di Bandung ini lagi ada rentetan acara yang kreatif banget, khususnya buat kalian yang konsen di bidang fotografi. Jadi ya, mulai dari tanggal 6-17 Maret 2015 ada satu acara yang bernama Bandung Photo Showcase. Acara ini merupakan hasil kerjasama dari Institut Francais Indonesia, BUNGKUS! Bandung Photography Now, dan KOMVNI Photo Collective. Acaranya juga nggak hanya di satu lokasi aja, tapi di beberapa galeri terkenal yang ada di kota Bandung.

Salah satu bagian dari acara tersebut adalah Point of Departure yang dilaksanakan di Universitas Kristen Maranatha. Dalam acara tersebut ada dua kegiatan yang dilaksanakan, yaitu photo exhibition dan public lecturer. Foto-foto yang dipamerkan kali ini merupakan kolaborasi antara 5 universitas yang nggak hanya berlokasi di Indonesia aja, yaitu Universitas Kristen Maranatha, InstitutTeknologi Bandung, Universitas Pasundan, Nanyang Technological University Singapore, dan Chiang Mai University Thailand. Pameran fotografi ini dilaksanakan dari tanggal 10-20 Maret 2015 di Galeri Maranatha, Grha Widya Maranatha lt. 12. Nah, karena posisinya di lantai 12, lumayan lah bisa sekalian foto-foto view kota Bandung. Hehe.

Jangan di zoom, ntar bikin penasaran
Jangan di zoom, ntar bikin penasaran

Kemudian, yang nggak kalah menarik adalah public lecturer dari orang-orang yang memang sangat berkompeten di bidangnya. Pertama, kuliah umum dari Adhya Ranadireksa yang merupakan seorang fotografer profesional dan yang kedua, kuliah umum dari Richard Conte, beliau merupakan Contemporary Artist dan Art Professor di The University of Paris 1 Pantheon Sorbone. Gilak, wuedan, segan! Juara semua yang ngasih kuliah umumnya!

Inspiring person, Adhya Ranadireksa
Inspiring person, Adhya Ranadireksa

Eh iya, kebetulan kan tim ROI! dateng tuh pas public lecturer dari Adhya Ranadireksa, ternyata beliau ini sebelumnya adalah seorang desainer produk, namun berpindah haluan menjadi fotografer. Karya-karya yang dihasilkannya pun berbeda dari fotografer yang lain, saat banyak fotografer mengandalkan editing, dia lebih memilih untuk membuat segala macam properti yang mendukung konsepnya. Pokoknya kalian nggak akan nyangka kalo foto-fotonya itu bukan hasil digital editing. For your information, Adhya Ranadireksa ini pernah menjadi salah satu fotografer brand terkenal di Eropa, bahkan di kontrak eksklusif selama 5 tahun. Orang Bandung mendunia, juara!

penuhnya ampe bisa ngisi hari yang kosong
Penuhnya ampe bisa ngisi hari yang kosong

Buat kalian yang nggak sempet hadir di acara ini, masih banyak acara lainnya yang ada di Bandung Photo Showcase, untuk informasi lebih lanjut kalian bisa liat disini. Segera cari informasinya! Yuk, ditunggu di gelaran acara Bandung Photo Showcase yang lainnya.

Foto: Ade Bambang Kurnia

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *